RENUNGAN MINGGU 31 MARET 2013



Surah Az-Zukhruf Ayat 26-39

Ayat (26) Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada ayahnya dan kaumnya,”Sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu sembah,

Ayat (27) kecuali (kamu menyembah) Allah yang menciptakanku; karena sungguh,Dia akan memberi petunjuk kepadaku.”

Ayat (28) Dan (Ibrahim) menjadikan (kalimat tauhid) itu kalimat yang kekal pada keturunannya agar mereka kembali (kepada  kalimat tauhid itu).

Ayat (29) Bahkan aku telah memberikan kenikmatan hidup kepada mereka dan nenek moyang mereka sampai kebenaran (Al-Qur’an) datang kepada mereka bersama seorang Rasul yang memberi penjelasan.

Ayat (30) Tetapi ketika kebenaran (Al-Qur’an) itu datang kepada mereka, mereka berkata,”Ini adalah sihir, dan sesungguhnya kami mengingkarinya.”

Ayat (31) Dan mereka (juga) berkata,”Mengapa Al-Qur’an ini tidak diturunkan kepada orang besar (kaya dan berpengaruh)dari salah satu dua negeri ini (Mekah dan Taif)?”

Ayat (32) Apakah mereka yang membagi-bagikan rahmat Tuhanmu? Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam  kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.

Ayat (33) Dan sekiranya bukan karena menghindarkan manusia menjadi umat yang satu (dalam kekafiran), pastilah sudah Kami buatkan bagi orang-orang kafir kepada (Allah) Yang Maha Pengasih, loteng-loteng rumah mereka dari perak, demikian pula tangga-tangga yang mereka naiki,

Ayat (34) dan (Kami buatkan pula) pintu-pintu (perak)bagi rumah-rumah mereka, dan (begitu pula) dipan-dipan tempat mereka bersandar,

Ayat (35) dan (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan dari emas.  Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, sedangkan kehidupan akhirat disisi Tuhanmu disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa.

Ayat (36) dan barang siapa berpaling dari pengajaran Allah Yang Maha Pengasih (Al-Qur’an), Kami biarkan setan (menyesatkannya) dan menjadi  teman karibnya.

Ayat (37) Dan sungguh, mereka (setan-setan itu) benar-benar menghalang-halangi  mereka dari jalan yang benar, sedang mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.

Ayat (38) Sehingga apabila orang-orang berpaling itu datang kepada Kami (pada Hari Kiamat) dia berkata,”wahai! Sekiranya (jarak) antara aku dan kamu seperti jara antara timur dan barat! Memang (setan itu) teman yang paling jahat (bagi manusia).”

Ayat (39) dan (harapanmu itu) sekali-kali tidak akan member manfaat kepadamu pada hari itu karena kamu telah menzalimi (dirimu sendiri). Sesungguhnya kamu pantas bersama-sama dalam azab itu.

Rate this article!
Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply