Ondeh Kompaknyo Urang Awak, Silaturahim IKM & Bundo Kandung Binong Sukses



Foto kegiatan halal bihalal IKM dan Bundo Kandung, Binong, Curug, Tangerang, Minggu (15/7/2018)

KAB TANGERANG | BantenLink — Sekitar 200 warga dari komunitas Keluarga Besar Ikatan Keluarga Minang (IKM) dan Bundo Kanduang, Kelurahan Binong, Kecamatan Curug dan sekitarnya, Minggu (15/7/2018), melaksanakan kegiatan halal bihalal pasca hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah yang dilaksanakam di halaman Sekolah Binong Permai.

Hadir dalam kesempatan itu anggota DPRD Provinsi Banten Tuti Elvita dan DPRD Kabupaten Tangerang Rispanel Arya, yang sengaja datang dan disambut dengan tari persembahan penampilan kaum perempuan Bundo Kanduang. Dalam rangkaian tari persembahan, kedua wakil rakyat tersebut mencicipi sekapur sirih yang dihidangkan dalam carano.

Ketua IKM Binong, Havies, mengatakan kegiatan halal bihalal rutin diadakan setiap tahunnya, sebagai tempat melepas rindu urang awak dengan handai tolan sekampung halaman. Selain dijadikan sebagai momen silaturahmi, kegiatan halal bihal juga sebagai malapeh taragakmenikmati hiburan bernuansa daerah Minangkabau yang khas. Bahkan suasana mwnjadi lebih semarak dengan adanya pengundian doorprize dari Anggota DPRD dan donatur lainnya, yang dimenangkan oleh Iwan dan Rizki.

“Terimakasih kepada Anggota DPRD Provinsi Banten dan DPRD Kabupaten Tangerang, tokoh masyarakat dan hadirin yang telah datang di acara kito. Juga apresiasi dihaturkan kepada seluruh panitia pelaksana yang telah mengurus persiapan acara sampai malam tadi, dengan lebih dulu mengadakan gladiresik, sehingga acara bisa mantap,” ujar Havis memberikan kata sambutan yang disertai canda mengundang tawa.

Ditambahkannya, yang lebih menarik lagi acara yang dipandu Ninik Prasojo sebagai pembawa acara. Seusai pembacaan kalam illahi oleh Hj Latifah dengan pembacaan doa dipimpin Mumtaazul Ibaad, para pengurus Bundo Kanduang di bawah pimpinan Yeti Chandra pula ingin tampil dengan yel-yel menyemangati halal bihalal, menari, dan menyanyi diiringi Rafi Music Entertainment di bawah pimpinan Ismet Nazar, yang menghadirkan penyanyi kondang Fitri Deni dari Payakumbuh. Para Bundo Kanduang sendiri sudah menyiapkan diri berbusana dengan menyewa suntiang yang bagus sehingga tampil memukau seperti tiga puluh tahun lalu atau dikala masih gadis belia.

“Perlu kami sampaikan, warga minang yang ada di Binong jumlahnya ada sekitar 500 KK. Insyaallah, kami para pengurus terus siap mengemban amanah. Dengan adanya halal bihalal, semoga warga perantauan minang semakin kompak. Untuk dunsanak yang baru pindah, kita punya surau yang dimanfaatkan seluruh masyarakat dan dapat pula untuk pengajian rutin. Sesekali datanglah nongol ke surau. Kalau ada yang sakit dan kematian kita pun berkumpul bersama,” papar ketua IKM lagi.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Rispanel Arya, mengaku sangat senang dan terkesan bertemu dengan orang sekampung dan mengajak para warga komunitas minang agar lebih kompak dalam bingkai keberagaman sebagai penduduk Binong. Terlebih, acara dihadiri Ibu Tuti Elfita yang ang sudah dua kali priode jadi anggota DPRD Banten juga orang minang berasal Bukittinggi yang sengaja menyempatkan diri datang. juga orang minang berasal Bukittinggi

“Yok, kita syukuri nikmat Allah SWT dengan adanya acara melepas rindu ini. Semoga insyaallah tahun depan yang datang halal bihala bisa lebih banyak yang hadir dan panggungnya lebih besar lagi,” kata Rispanel Arya.

Senada Rispanel Arya, anggota DPRD Provinsi Banten Tuti Elfita dalam tausiahnya menyebutkan, walaupun cuaca sedang panas terik dan bulan Syawal audah lewat dua hari tidak mengurangi makna acara halal bihalal karena untuk bersilaturahim tidak terlewat oleh waktu dengan rizki, umur dan keberkahan hidup kita.

Lulusan Fakultas Teknik Metalurgi UI selesai 91 setelah lulus SMA Padangluar dan mulai kuliah tahun 86 dan Tinggal di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang dan sudah dua kali menjadi anggota DPRD Peovinsi Banten ini menetap menjadi orang Tangerang asal minang.

“Salah satu kestimeweaan memohon ampun kepada Allah.Bahwa setiap orang berlomba-lomba untuk mencari ampunan. Yang bisa mengendalikan emosi dan mudah memaafkan orang lain sebagai ciri orang beriman ,” pesan Tuti Elfita.

Ditambahkannya, surga sebesar langit dan bumi adalah sebagai imbalan tanda orang bertakwa. Derajat manusia karena ketakwaan, bukan kekayaan.

“Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan dan mewajibkan puasa agar kita bertakwa. Salah satu ciri orang bertakwa orang berinfak dalam keadaan lapang dan sempit. Para sahabat memiliki kebutuhan tapi tidak lupa berinfak,” tandasnya.

Ketua Panitia halal bihalal, Adonis, dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada para donatur, sehingga acara halal bihalal berjalan lancar.

Terimakasih kepada bapak Rispanel Arya, Jasman, Agusdi, Adonia, Tomo, Asmar, Rizal Aldo, Efneldi, Apotik Ananda, Helmi Asmar, Donis Cell BRILink, Kurir Jet Express, Rini Sehat Pijat Refleksi, Havies Indomaret, dan semua yang mendukung sehingga acara bisa berjalan lancar,” terang Adonia.

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply