DPRD Kab Tangerang Paparkan Pembangunan Binong Curug di Komunitas Minangkabau



Foto bersama Ketua IKM Binong Havia, Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Rispanel Arya, Anggota DPRD Banten Tuti Elfita dan Nuryana Rispanel pada halal bihalal Ikatan Keluarga Minang Binong dan sekitarnya, Minggu (15/7/2018)

KAB TANGERANG | BantenLink — Rispanel Arya SST MM selaku Anggota DPRD Kabupaten Tangerang mengajak komunitas orang Minangkabau perantau yang menjadi warga penduduk Kelurahan Binong, Kecamatan Curug agar semakin meningkatkan partisipasi dalam pembangunan wilayah setempat. Caranya, dengan warga lain secara bersama-sama bersatu dalam kegiatan lingkungan RT dan RW, terutama dalam pengusulan pebangunan daerah.

Hal itu disampaikannya dalam pertemuan reses di hadapan sekitar 200 urang awak yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM)  dan Bundo Kanduangyang diselenggarakan  dari pagi hingga siang di halaman sekolah Binong Permai An Nurmaniah,  Minggu (15/7/2018)

Dikatakannya,  orang Padang sendiri telah puluhan tahun menjadi warga Kelurahan Binong, Kecamatan Curug.  Hingga saat ini diperkirakan jumlahnya ada sekitar 500 Kepala Keluarga  (KK), yang beralamat tersebar di Perumahan Sari Bumi Indah, Binong Permai dan Griya Karawaci.

“Oleh karena itu,  kita semua harus bersatu dalam pembangunan di Keluran Binong khususnya dan Kecamatan Curug pada khususnya. Syukurnya, orang  Minang  dengan semua penduduk dengan mudah berbaur, sehingga menjadi  modal yang kuat dalam memperjuangkan pembangunan. Soalnya, sekarang ini sistem pembangunan daerah tidak ada yang ujug-ujug, tapi harus diusulkan lebih dulu melalui Musrenbang (Musyarawarah Rencana Pembangunan) di tingkat kelurahan” papar Rispanel Arya.

Ditambahkan anggota legislatif dari daerah pilihan (dapil) Kecamatan Curug, Panongan dan Cikupa ini, setelah usulan dikawal naik ke tingkat kecamatan hingga kabupaten, untuk perealisasiannya tak lepas pula dari perjuangan anggota DPRD.

“Sebagai warga Binong, pastilah saya lebih dulu saya akan memperjuangkan pembangunan di tempat saya, misalnya untuk pembangunan infrastruktur lingkungan dan mengatasi banjir di Binong.  Hal tersebut sama halnya dengan dewan yang lain, pasti memperjuangkan pembangunan di dapil-nya,” imbuh anggota DPRD dari PKS yang dikenal sangat beradaptasi dengan berbagai elemen masyarakat itu.

Lebih jauh diterangkannya, selama hampir empat tahun menjadi anggota DPRD, selama itu dirinya menjalin komitmen dengan pemerintah dan masyarakat agar selalu konsekuen dalam memperjuangkan usulan Musrenbang. Selain usulan kita kawal di DPRD Kabupaten Tangerang,  kita kawal pula lewat anggota dewan Provinsi Banten. Dia berjanji,  agar meminta tolong rekan anggota  dewan  yang  lain mau pula  memprioritaskan memperjuangkan pembangunan, agar titik kegiatan  pembangunan lebih banyak didapat.

“Tapi sayangnya, selama ini baru RW 9 saja yang paling rajin mengusulkan kegiatan lingkungannya di Musrenbang.RW 14 dan RW 15 masih ada usulan. Sedangkan RW 8 dan 16 malah sering tidak hadir.  Kita harapkan kedepannya dari 22 RW yang ada. Di Kelurahan Binong saya harapkan semuanya harus aktif berpartisipasi, sehingga akan lebih mudah terjamah pembangunan Kabupaten Tangerang. Pokoknya, saya pun tak malu-malu meminta bantuan pada anggota dewan Provinsi Banten DPR RI untuk memperjuangkan pembangunan agar  didapat lebih banyak, ” beber Rispanel Arya.

Disebutkannya, contoh komitmen kebersamaan untuk menindaklanjuti Musrembang, sudah disepakati bebwrapa waktu lalu. Ada  sebanyak 31 kegiatan pembangunan, 27 titik atau sekitar 90 persen realisasi pembangunan merupakan aspirasi dewan. Ini lebih banyak dari  kegiatan dari kecamatan Curug yang cuma  mendapatkan 4 titik.  Dari semua akumulasi usulan,  hasil dari 31 usulan inilah yang dibagikan dalam 22 RW.

Menurutnya, pagu yang  diperoleh kecamatan mestinya bisa untuk membangun di tiap RW. Jadi, ketika ada yang meminta  dan mengajukan usulan saat reses dan Musrenbang, dengan demikian itulah yang dibangun. Intinya tidak ada yang bisa ujug ujug dibangun tanpa menggunakan proposal terlebih dulu.

“Untuk itu,  saya meminta orang Minang mau bergabung dan mempercayakan suaranya  pada saya.  Jika jadi lagi tahun depan insyaallah pembangunan di Binong akan berjalan terus dan tetap berlanjut. Nah coba,  selama periode 5 tahun lalu, ada gak merah, biru, kuning telah kerjakan dengan baik. Kegiatan mereka  bahkan mungkin malah tidak ada yang di Binong,” katanya lagi.

Suara Binong

Pada bagian lain Rispanel Arya memohon agar seluruh warga Binong sekuat tenaga harus mempertahankan suara untuknya pada pemilihan legislatif 2019. Insyallah tahun 2019 pembangunan semakin bisa lebih ditingkatkan.

“Jika di Tangerang bagian utara biasanya calon yang paling terakhir mendatangi itulah yang dipilih. Namun alhamdulillah di perumahan orang-orangnya lebih cerdas,” cetusnya lagi.

Selain itu, dengan adanya Perumahan Binong Permai di kelurahan Binong ada Perumahan Sari Bumi dan Perumahan Griya Karawaci, berarti menjadi menyampaikan aspirasi kepada saya, Kata Rispanel  Arya, kalau suara bulat, insyaallah ada pembangunan bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat akan dilanjutkan,” kata bakal calon di pemilihan legislatif pada 2019 tersebut.

Dirinya menyatakan akan terus melakukan kordinasi dengan 4 RW di Griya Karawaci yang jumlah suaranya setara dengan 1 RW di Binong. Perlu diketahui, lanjutnya, agar dewan ada perannya di masyarakat. Ada pun persoalan dewan akan memasang spanduk, hal itu tak lain karena tidak mungkin sanggup beriklan di televisi, jadi mainnya saya hanya bisa memasang spanduk di dekat tempat pembangunan.

“Sebagai bahan pertimbangan,  berdasarkan data pemilik hak suara pada DPT Pilkada 2014, di Binong hak suara ada sebanyak 35 ribu. Jika yang datang ke TPS sekitar 50 persen, maka suara potensil yang  ada sekitar 18 ribu.

Tentunya saya saamengharapkan suara itu. Saya terus melakukan kordinasi dengan  beberapa RW di Binong,  4 RW di Griya Karawaci yang jumlah suaranya setara dengan 1 RW di Binong. Dengan adanya kesatuan pandangan  demi pembangunan berkelanjutan, dimaksudkan agar  apa yang  di cita-citakan dapat benar-benar terealiasisi,” tandas legislatif yang sudah dikenal bersemboyan memberikan hasil bukti kerja ,an bukan sekedar janji ini.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply