Tb Luay: Di Banten Kematian Ibu Tinggi Pendidikan Setara Kelas 2 SMP



Anggota DPRD Provinsi Banten dari Komisi 5, H Tubagus Luay Sophani

KAB TANGERANG | BantenLink — Reses Tubagus Luay Shofani di RT 04/01, Kampung Pagedangan, Desa Cicalengka, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Minggu 8 Juli 2018 menerangkan tentang arti “Reses”. Arti reses ialah istirahat, dalam reses harus ada yang diperiksa.

Tubagus Luay Shofani bersyukur dan berterima kasih dengan masyarakat Pagedangan. Kata Allah: Siapa yang tidak berterimakasih pada manusia sejatinya tidak bersyukur kepada-Ku.

“Reses yang saya lakukan sudah selesai, ini yang kedelapan, berarti sudah lebih dua kali. Namun, sebagai anggota dewan kami tidak bisa dibatasi untuk bertemu dengan sahabat,” ungkap Tubagus Luay Shopani pada sekitar 150 orang kontituen di Kecamatan Pagedangan.

Dia, terangnya, bertugas di Komisi 5, yakni bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan, pemuda dan olahraga, kebencanaaan, bansos bansos atau hibah bantuan hibah.

Dalam kesempatan itu disampaikannya, Pagedangan saat ini sudah terlingkupi pekembangan perkotaan. Kalau tidak siap mengikutinya perkembangannya biasanya tertinggal. Allah tidak merubah suatu kaum kalau dirinya tidak mau berubah, kata Luay.

Terkait dengan Indeks Pembangunan Manusia di Banten disebutnya masih di bawah rata-rata. Angka harapan hidup di bawah angka kematian ibu. Di Banten setelah ibu melahirkan banyak yang meninggal dunia. Yang menjadi masalah akses ibu dan para medis sulit.

Besarnya angka kematian ibu dan bayi tinggi terutama di kabupaten Lebak dan Pandeglang. Sedangkan angka di Kabupaten Tangerang terjadi di Kronjo dan Mauk. Agar menjadi perhatian bersama, juga terkait pendidika rata-rata 8,8 tahun, atau baru setingkat SMP kelas dua.

Sedang kita sudah masuk MEA. Orang Thailand, Kamboja berdagang ke Jakarta, seperti halnya kita ke Kalimantan yang sangat terbuka.

Pagedangan menjadi pusat perdagangan dan jasa. Orang Pagedangan harus siap. Apalagi dibuka akses tol. Pagedagan nanti menjadi muka Kabupaten Tangerang, setelah dari Jakart masuk dari tol BSD Tangsel.

Kita harus tahu perubahan itu, dan muka Kabupaten Tangerang harus cantik. Perubahan begitu cepat dan tidak bisa dibendung dari luar yang membuat masyarakat Kabupaten Tangerang harus berubah juga.

Wilayah Pagedangan terbuka. berdampak kemajuan cenderung akan menurunkan angka kematian ibu dan anak. Masyarakat Pagedangan mempunyai potensi energi. Energi potensial ini akan menjadi energi kinetik yang perlu di-stater.

Meski tidak tahu perubahan kedepan, yang penting menyiapkan. Supaya sama maju, perempuan Pagedangan pun harus maju, termasuk mau menjadi bacaleg. Bahwa terpilih atau tidak nantinya hal itu persoalan rezeki.

Tak hanya menyikapi tingginya angka kematian ibu hamil dan kaitan rendahnya pendidilan rata-rata. Untuk sektor pekerjaan PAN insyaallah juga akan memperhatikan perlunya balai latihan kerja. BLK jangan hanya ada di Serpong dan Serang.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply