POLDA DAN KODAM SALING SALAHKAN DALAM KASUS LP CEBONGAN



Polda dan Kodam saat ini kentara sekali saling menyalahkan satu sama lain. Ini terlihat dari pernyataan Kapolda DI Yogyakarta Brigadir Jenderal (Pol) Sabar Rahardjo di sebuah media nasional,”Saya memindahkan ini, tetapi tolong dijamin keamanannya. Lalu dijawab silahkan dipindahkan.” Selanjutnya Sabar menegaskan bahwa, pemindahan tahanan sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pihak TNI, Korem, dan Kodam Diponegoro.

Sementara Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro justru mengatakan bahwa, soal permintaan pengamanan sebaiknya ditanyakan ulang kepada Kapolda DIY Yogyakarta. Karena Kodam menganggap keamanan tahanan itu tanggungjawab aparat Polda DIY.

Pada kesempatan sebelumnya Kapolda DI Yogyakarta malahan secara kronologis mengatakan bahwa sehari sebelumĀ  kejadian, sebagai Kapolda dia telah memintakan bantuan pengamanan LP kepada Korem 072/Pamungkas Yogyakarta. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Panglima Kodam IV/Diponegoro dan Komandan KoremĀ  ketika hendak memindahkan empat tahanan ke LP Cebongan.”Silakan dipindahkan. Tidak ada permasalahan. Begitu jaminannya, tegas Kapolda.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply