LIPI – PharmaMar Teken MoU Studi Pengembangan Keanekaragaman Hayati



Logo BantenLink

MADRID | BantenLink — PharmaMar (MCE:PHM) hari ini telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pusat Penelitian Oseanografi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (RCO-LIPI), di hadapan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Spanyol, Bapak Drs. Hermono, M.A. Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk mengembangkan program penelitian yang memungkinkan studi terhadap keanekaragaman hayati laut Indonesia sebagai sumber senyawa antitumor baru.

Berdasarkan MoU tersebut, PharmaMar dan RCO-LIPI dapat bekerja sama dalam pengumpulan sampel spesies hewan invertebrata laut, dalam mengisolasi bakteri laut baru, dan dalam identifikasi senyawa antitumor baru. Kolaborasi ini juga akan memungkinkan adanya transfer pengetahuan antara kedua institusi.

Presiden PharmaMar, José María Fernández, menyatakan bahwa: “Bagi kami, investasi dalam riset dan pengembangan sangatlah penting untuk kemajuan sains, dan MoU dengan Pusat Penelitian Oseanografi Indonesia ini adalah bukti yang nyata akan hal tersebut. Kami yakin bahwa aliansi ini akan memperkuat misi dan komitmen kami dalam penelitian melawan kanker, untuk memungkinkan kami menanggapi kebutuhan medis yang belum terpenuhi, serta untuk melangkah lebih jauh lagi.”

Di pihak lain, Dr. Dirhamsyah, MA, Direktur RCO-LIPI, menyatakan: “Kami bangga menandatangani perjanjian ini dengan PharmaMar karena memungkinkan kami untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi mutakhir.”

Tentang PharmaMar

Berkantor pusat di Madrid, PharmaMar adalah perusahaan biofarmasi terkemuka di dunia dalam penemuan dan pengembangan obat antikanker yang berasal dari laut. Perusahaan saat ini memiliki berbagai kandidat obat dan program R&D onkologi yang kuat. PharmaMar mengembangkan dan mengkomersilkan YONDELIS® di Eropa dan memiliki tiga program tahap klinis lainnya yang sedang dikembangkan untuk beberapa jenis kanker solid dan hematologis: lurbinectedin, plitidepsin, PM184 dan PM14. PharmaMar adalah perusahaan biofarmasi global dengan anak perusahaan di Jerman, Italia, Prancis, Swiss, Inggris, Belgia, dan Amerika Serikat. PharmaMar sepenuhnya memiliki anak perusahaan lain: GENOMICA, perusahaan diagnostik molekuler terkemuka; Sylentis, didedikasikan untuk meneliti aplikasi terapeutik dari pembungkaman gen (RNAi); dan dua perusahaan kimia lainnya, Zelnova Zeltia dan Xylazel

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply