Walikota Masak Dodol Tandai Gelar Budaya Lebaran Betawi Tangsel



Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, secara simbolis memasak penganan dodol saat pembukaan Pagelaran Budaya Lebaran Betawi ke-4 di Pondok Aren, Jumat (6/7/2018)

KOTA TANGSEL | BantenLink — Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, memasak penganan dodol saat membuka Pagelaran Budaya Lebaran Betawi Tangsel 2018, yang diselenggarakan di Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan Tangsel, Jum’at (06/07/2018), malam.

Tak hanya ditandai Walikota Tangsel yang secara simbolis memasak makanan khas betawi, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, Abdul Rojak, juga mencicipi jajanan kerak telor sekaligus memberikan sambutannya.

Dikatakatan Kepala Kantor Kemenag Lebaran Betawi merupakan kearifan lokal Masyarakat Betawi yang ada di Kota Tangsel. Tuturnya, sangat bagus dalam mempererat ukhuwwah dan persaudaran masyarakat Betawi setelah berpuasa di bulan Ramadhan.

“Ini kearifan lokal sangat bagus dilestarikan, terlebih dalam acara sangat kental unsur religiusitasnya, ditandai dengan adanya festival qosidah dan ceramah agama. Hal ini sejalan dengan motto Tangsel yang salah satunya sebagai kota religius,” papar Abdul Rojak.

Sebagai pesta rakyat sebagai tradisi usai lebaran yang dilakukan oleh masyakarat Betawi, diharapkan sebagai tempat untuk memberikan ruang terhadap eksistensi budaya. Selain itu acara mempererat silaturrahmi dan persaudaraan masyarakat Betawi di Kota Tangsel.

Acara juga bertujuan untuk menghidupkan perekonomian masyarakat Betawi melalui aneka bazar dan aneka kuliner betawi yang tergabung dalam Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diikuti sejumlah stan mempromosikan barang dagangan, diantaranya dodol dan kerak telor.

Lebaran Betawi Tangsel 2018 ini yang dilaksanakan mulai 6 hingga 8 Juli 2018 digelar keempat kalinya digagas oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (LIMABETA) mulai tanggal 6 sampai 8 Juli 2018.

Lebaran Betawi digelar keempat kalinya digagas oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangsel (LIMABETA) mulai tanggal 6 sampai 8 Juli 2018 yang rencananya akan diadakan di tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel. Kegiatan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan pendapatan daerah setempat.

Turut hadir Kadis Pariwisata Tangsel, Camat Pondok Aren, Lurah Jurang Mangu Barat, Tokoh Masyarakat Tangsel, Lembaga-lembaga Kesenian Betawi LBB, LKB, Bamus Betawi dan masyakarat.

ist/ed

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply