KPU Kab Tangerang Distribusikan 1,8 Juta Lebih Surat Suara, 1407 Dimusnahkan



KPU Kabupaten Tangerang memusnahkan surat suara yang rusak untuk Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Senin (25/6/2018)


TANGERANG | BantenLink — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang hingga Senin 25 Juni 2018, telah mendistribusikan sekitar 1,8 juta surat suara ditambah 2000 cadangannya. Sedangkan untuk menjaga netralitas dan transparansi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Tangerang pada 27 Juni 2018, KPU melakukan sebanyak 1407 surat suara yang rusak, disaksikan unsur Panwaslu, TNI dan Polri.

Akhmad Subagja selaku Ketua KPU setempat, mengatakan pemusnahan sebanyak 1407 surat suara tersebut karena tidak layak digunakan karena rusak. Surat suara rusak tersebut diketahui setelah KPU melakukan pengontrolan atas kerusakan, yang disebabkan saat pencetakan, penyortiran dan pelipatan dan pengepakan logistik Pilkada itu.

“Pemusnahan surat suara yang dilakukan yakni kertasnya tidak sempurna dan tidak layak layak digunakan. Pemusnahan dilakukan setelah dilakukan pengontrolan kerusakan yang disebabkan saat pencetakan, penyortiran dan pelipatan. Juga karena ada tiulisan yang salah atau kurang dan dikertas banyak cat hitamnya atau beleber, ” ungkap Akhmad Subagja.

Sudah Distribusi

Ditambahkannya, selain memusnahkan surat suara yang rusak, pihak KPU sampai Senin sore 25 Juni dan pagi 26 Juni 2018 juga telah mendistribusikan seluruh logistik Pilkada Kab Tangerang ke seluruh kecamatan hingga desa atau kelurahan. Bahkan katanya, pada sore hari 26 Juni 2018 sudah diserahkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Tempat Pungutan Suara (TPS).
“Jadi teng pada hari Rabu 27 Juni 2018 pagi tinggal dilakukan proses pemungutan suara di TPS. Diharapkan semuanya bejalan lancar dan tidak ada hambatan, sebab jika terlambat pedistribusian surat dan ditambah terjadi hujan, bisa tak jadi pemungutan suara,” bebernya.

Sementara itu, Bidang Logistik SDM dan Organisasi, Hasanuddin, saat ditanya terkait pendistribusian terakhir logistik justru di wilayah terdekat yakni kecamatan Tigaraksa, memberikan alasan selama tanggal 24 dan 25 Juni 2018 melakukan pendistribusuan logistik dari lokasi terjauh hingga terdekat.

‘Untuk Kecamatan Tigaraksa sebagai wilayah yang terdekat kantor KPU sudah kami distribusikan. Dan sama halnya di 28 kecamatan lain, kertas suara didistribusikan sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah cadangan sebanyak 2,5 persen surat suara. Jadi semuanya didistribusikan pada tanggal 24, 25, dan 26 Juni, sehingga pada tanggal 27 Juni 2018 tinggal pencoblosan, sehingga Pilkada dapat berjalan lancar,” papar Hasanuddin.

Sehubungan mengantisipasi keamanan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, pihak KPU Kabupaten Tangerang mengaku telah memetakan wilayah dan TPS yang dipetakan sebagai rawan politik. Untuk itu pihaknya bersama Panwaslu, TNI-Polri dan unsur masyarakat lainnya terus melakukan patroli ke TPS-TPS yang dianggap rawan.

“Mengantisipasi kecurangan politik dan kerawanan Pilkada, mulai kemarin pagi malam hingga ketemu pagi lagi kami telah melakukan patroli. KPU telah juga telah memetakan dan menginventarias TPS TPS yang dianggap rawan, terutama yang jauh dari jangkaunan, sehingga permasalahannya bisa diantisipasi,” tandas Hasanuddin.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply