Selama Ramadhan Kades Rancaiyuh Giatkan Pelayanan, Tarling dan Siskamling



Kades Rancahiyuh Suherman

KAB TANGERANG | BantenLink — Selama awal bulan Ramadan, Lurah Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang tidak hanya mengisi waktu dengan kegiatan rutinitas pelayanan kepada masyarakat, tapi aktif dalam bidang keagamaan dan siskamling.

Menurut Suherman, selaku Lurah Rancaiyuh, sudah lima malam dirinya aktif mengisi kegiatan “tarling” atau taraweh keliling di wilayahnya. Sedang untuh subuh bersama dilaksanakannya di mesjid dekat rumah saja.

“Tarling saya lakukan dari mesjid ke masjid, diantaranya malam pertama melaksanakannya di mesjid Nurul Hidayah, malam kedua di mesjid Nurul Huda An Nahal, malam ketiga di mesjid Nur Hasanah dan malam ke empat di mesjid As Suhada,” ujarnya pada bantenlink.com, Rabu (23/5/2018).

Selain aktif mengadakan tarling, Suherman juga menggiatkan anggota masyarakat untuk selalu menjaga keamanan lingkungan secara bersama-bersama. Hal ini dalam mengantisipasiancaman teroris yang merajalela belakangan ini, juga agar tidak terulang kejahatan terorisme seperti yang terjadi di kota Surabayadan daerah lainnya.

“Soal keamanan lingkungan desa Rancaiyuh pada khususnya dan kecamatan Panongan umumnya, kami semakin meningkatkan siskamling (sistem keamanan lingkungan) Tidak hanya warga RT dan RW yang aktif menjaga lingkungan, tapi ormas Pemuda Pancasila dan Pemuda Ansor NU juga melibatkan diri di dalamnya.

Terkait pelayanan masyarakat, imbuhnya, kantor desa Rancaiyuh dengan prinsip tetap selalu setia melayani dengan pelayanan prima. Hal inilah yang menyebabkan suasana kantor desa selalu tampak banyak aparat dan perangkat desa meskipun sepi oleh kedatangan warga yang dihari-hari biasanya banyak membutuhkan pelayanan.

“Memang sih agak sepi pelayanan karena masyarakat tidak fokus lagi datang ke kantor, karena mungkin sedang sibuk menyiapkan diri menghadapi lebaran. Mungkin mau ke desa, ntar aja habis lebaran. Lagi bulan puasa dan mau lebaran kan lebih baik ke pasar dulu saja belanja kebutuhan yang mendesak,” candanya.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply