Firma: PPDB 2018 Kembalikan Seperti Dulu Agar Tak Repotkan Sekolah dan Siswa



Anggota DPRD Kabupaten Tangerang Firma Maju Sinaga

KAB TANGERANG | BantenLink — Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang baru untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK Tahun Ajaran 2018 sedang dinantikan di wilayah Kabupaten Tangerang.

Pasalnya, tahun 2017, yang mengatur sistem zonasi mengutamakan siswa yang berdomisili di dekat sekolah setempat, serta jumlah murid yang terbatas per kelas, sempat membuat repot kepala sekolah selaku penyelenggara pendidikan dan membuat resah orang tua atau walimurid.

Terkait semakin dekatnya PPDB, Firma Sinaga selaku Anggota DPRD Kabupaten Tangerang, mengharapkan peraturan penerimaan murid baru yang sempat menuai masalah tersebut kembali seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Artinya, siswa diterima berdasarkan rangking siswa dan jumlah siswa perkelas jangan dikurangi dari 40 menjadi 28 untuk SD, 32 untuk SMP dan 36 siswa SMP perkelas. Selain itu akan membuat semakin berkurang akumulasi penerimaan anggaran dana Biaya Operasi Sekolah (BOS) dalam satu sekolah negeri dalam setahun,” ungkapnya pada bantenlink.com

Diterangkannya, pada tahun 2017 lalu banyak orang tua murid yang mengeluhkan anaknya tidak bisa masuk ke sekolah negeri karena berbeda desa atau kelurahan. Akhirnya yang masuk adalah siswa baru yang dekat dengan sekolah, meskipun nilainya tidak masuk grade atau kurang. Sedangkan yang nilainya mencukupi banyak tidak bisa masuk dan akhirnya m\suk sekolah swasta.

“Sistem tahun lalu juga membuat repot pihak sekolah. Misalnya, salah satu SMP Negeri memiliki 7 rombongan belajar masing-masing di tahun-tahun sebelumnya memiliki per rombel ada 40 siswa.

Namun di tahun 2017 hanya bisa 32 siswa per rombel. Berarti ada 56 yang tidak tertampung. Jika dikali dana BOS per siswa Rp 1 juta per tahun, berarti ada uang sekitar Rp 56 juta yang bisa digunakan untuk tambahan operasional sekolah,” paparnya.

Mengingat kedua persoalan yang timbul tersebut, hingga Pemerintah Kabupaten Tangerang katanya sempat membuat surat pengajuan agar sistemnya seperti semula, Firma Maju Sinaga pun berharap agar pada PPDB tahun 2018 ini tidak lagi memakai sistem 2017 dan memakai peraturan sebelum-sebelumnya.

EDY TANJUNG

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply