LPMK Diketuai Madnur Dikukuhkan, Lurah Medang: Dengan Bismillah agar Barokah di Jalan Sirotol Mustakim



Pose bersama seusai pelantikan dan pengukuhan pengurus LPMK Medang periode 2018-2021

KAB TANGERANG | Bantenlink — Camat Pagedangan Akhmad Taufik mewakilkan Kepala Seksi Pemerintahan (Kasipem), Samsudin, untuk men-support kegiatan pelantikan dan pengukuhan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang untuk masa bakti 2018-2021 pada Rabu 16 Mei 2018.

“LPM dan Kelurahan Medang selalu harus bersinergi dalam menuju kelurahan lebih baik, meskipun dengan berbagai dinamika yang ada.” Hal itu disampaikannya pada kata sambutan seusai penyelenggaraan Pelantikan dan Pengukuhan LPM yang dipimpin oleh Madnur yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Desa (Kades) Medang yang wilayahnya berada di kawasan permukiman elit Summarecon tersebut.

Menurut Samsudin, mengisi perjalanan panjang Kelurahan Medang seharusnya dengan memberikan yang baik dan benar serta meminta Allah memberikan yang terbaik. Tak lain agar semua pihak yang berada di dalamnya saling bersinergi.

“Hari pelantikan dan pengukuhan yang sangat mulia ini patut disambut gembira. LPMK Medang sebagai mitra Lurah Medang, yang juga sebagai senior yang merupakan mantan Kades memang harus terus bersinergi dalam kemajuan Kelurahan Medang,” ungkap Samsudin.

Dia menambahkan, ada perbedaan dulu sekarang. Sebab, Kelurahan di bawah Perda, sedangkan Desa mengacu Perdes. Dan Lurah bertugas hanya dalam pelayanan.

Untuk itu, lanjut Samsudin, dirinya berharap Lurah dan LPM bersama-sama membangun Kelurahan Medang dalam satu visi dan misi. Jika ada permasalahan, pesannya cukup diselesaikan secara internal saja. Dalam mengambil keputusan LPM bisa berkordinasi dengan kelurahan.

“Kelurahan sendiri sekarang menggunakan APBD. Insyaallah insfrasruktur telah terakomodir dan hanya tinggal meningkatkan sumberdaya. Saatnya bekerja tak lagi dengan memakai otot tapi memakai otak. Lurah pun tidak bisa lagi tiba-tiba me-ruislag, tugasnya hanyalah pelayanan,” ujarnya.

Jalan Sirotol Mustakim

Terkait pelantikan dan pengukuhan pengurus LPMK Medang, Lurah Medang Rizki Rizani Fachzi mengajak semua pihak dengan niat lillahi taala. Dikatakannya, LPM dalam pelantikan dan pengukuhan telah bersumpah secara sakral. Dalam kata sambutannya lurah muda ini juga, mengucapkan terimakasih kepada Ketua LPM Medang, yang dianggapnya sebagai orangtua atau senior. Dikatakannya, dirinya sendiri melantik dengan didahului mengucapkan bismillah agar semua yang dilakukan menjadi barokah di jalan sirotol mustakim.

“Mengenai kepengurusan, ya biar pun strukturnya sedikit tapi kaya fungsi. Insyaallah dapat membuat kiprah LPM semakin lebih baik. Kami sendiri misalnya, sudah mendatangi Disnaker yang menangani soal tenaga kerja outsourching. Kedepan, kelurahan dan LPM kiranya bisa mengawalnya secara bersama-sama,” kata Rizki.

Begitu juga UMKM, lanjutnya lagi, nantinya PKK bisa mengambil pinjaman koperasi untuk usaha. Namun tidak diberikan cuma-cuma, tapi harus dikembalikan supaya bisa digulirkan kepada yang lain.

Pembelaan pada Warga

Ketua LPM Kelurahan Medang, Madnur, mengapresiasi Kepala Kelurahan Medang Rizki Rizani Fachzi yang telah melakukan pelantikan pengurus dan pengukuhan organisasiyang dipimpinnya secara sah.

Terkait yang lain, Madnur menyatakan pembelaan yang dilakukan pada warga adalah merupakan kepedulian pribadi, serta sebagai perwujudan memegang amanat dan meneruskan apa yang dilakukan senior atau tokoh terdahulu. Tapi apapun yang dilakukannya, terangnya, tetap sesuai dengan kebijakan kepala kelurahan.

“Saya pun tidak bisa berbuat apa-apa tanpa proaktif yang lainnya. Prinsip kami sekarang kerja, kerja dan kerja di jalan sirotol mustakim di bawah kepemimpinan Lurah Medang,” tegas Madnur.

Sementara itu, mengenai program kerja LPM, dirinya bertekad akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung pembangunan, menjembatani masyarakat dengan pemerintah dan menghidupkan persatuan dalam kebinnekaan.

“LPM sebagai organisasi independen juga mengutamakan prinsip musyawarah, independen, konsuktatif, kordinatif dan kemitraan. Soal anggaran yang digunakan bisa berasal dari APBN, APBD dan dana tidak mengikat,” kata Madnur.

Lebih jauh disebutkannya, peranan LPM pada masa kerjanya akan memberdayakan seluruh potensi dari sebanyak 17 RW. Kegiatan berupa perkoperasi, mengembangkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, mengawal dan berpartisipasi dalam kemajuan pendidikan, kesehatan dan pembangunan sapras seperti betonisasi dan pipanisasi yang diperlukan di lingkungan Kelurahan Medang.

Senada dengan tekad dan kemauan Madnur selaku Ketua LPM, tokoh masyarakat Medang lainnya Endang Abidin, menyebutkan Kelurahan Medang sebagai satu-satunya kelurahan di Kecamatan Pagedangan, karena yang lainnya semua berbentuk pemerintahan desa yang berbeda peraturannya .

“Dengan dilantik dan dikukuhkannya kepengurusan LPMK Medang yang baru, kami harapkan semoga LPM tetap sejalan dengan kepala kelurahan. Birokrasinya sendiri berada di bawah lurah. Saat ini yang perlu dilakukan, masih hanyak masalah yang bisa diangkat, seperti sampah yang bersebaran di jalan kampung Pondokjengkol atau memprioritaskan pembangunan jalan yang rusak melalui APBD,” tegas tokoh masyarakat itu.

EDY TANJUNG

Foto susunan pengurus LPM Kelurahan Medang periode 2018-2021

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply