IPJI Sosialisasi Pilbup Tangerang, Peserta Diminta Sampaikan ke Masyarakat



KPU dan IPJI menggelar sosialisasi Pilbup Tangerang 2018 di aula Kecamatan Kelapa[caption id="attachment_8896" align="alignleft" width="1280"] Foto pengurus IPJI Kabupaten Tangerang dan Panpel sosialisasi KPU tentang Pilbub-wabup Tangerang tahun 2018

dua, Selasa (15/5/2018)[/caption]KAB TANGERANG | BantenLink — Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Tangerang, Selasa (15/5/2018), menyelenggarakan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub-Wabup) Tangerang Tahun 2018 kepada masyarakat Kecamatan Kelapadua.

Kegiatan dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Kelapadua tersebut diikuti sekitar 150 dari berbagai elemen masyarakat. Diantaranya pengurus dan anggota IPJI, Pemuda Pancasila, para tokoh, pemuda dan perempuan Kampung Grubug, Kelurahan Bojongnangka.

Hadir dalam kesempatan itu Komisioner KPU Provinsi Banten, Agus Supadma, Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Ramelan, Sekretaris KPU Wily Patria, Wakapolres Kelapadua Mashuri, Sekcam Kelapadua Syarif Usman dan Wakil Ketua IPJI Kabupaten Tangerang Fatah Hidayat.

Dalam pengantarnya Sekretaris KPU Kabupaten Tangerang yang juga sebagai moderator acara, Wily Patria, mengatakan kegiatan sosialisasi dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat tentang waktu Pilbup-Wabup, dan meningkatkan partisipasi dalam Pemilukada menjadi tugas bersama warga masyarakat.

“Harap diingat, pada Pilbub dan Pilwabup tanggal 27 Juni nanti, yang dicoblos hanya salah satu, yakni pasangan calon tunggal ataukolom kosong . Diharapkannya, setelah mendapatkan salah para peserta dapat menyampaikan yang didapat dari narasumber, dan bisa menyampaikan kepada keluarga dan tetangga,” katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Tangerang, Ramelan, mengucapkan maksud sosialisasi agar masyarakat lebih banyak mengetahui seputar Pilbup-Wabup Tangerang. Walaupun ada lewat media spanduk dan koran, namun lebih efektif tatap muka karena leluasa menjelaskannya

“Tentang apakah warga sudah terdaftar di DPT, memenuhi syarat menjadi pemilih. Kalau spa duk singkat saja. Agar bisa disampaikan ke khalayak ramai. Datang ke TPS bisa legitimasi meskipun yang datang sedikitnya. Partisipasi sangat penting, sebab menentukan yang akan terpilih,” papar Ramlan.

Komisioner KPU Banten Agus mengatakan penyelenggaraan Pilkada sebagai syarat demokrasi. Maksudnya untuk menyalurkan hak bersuara masyarakat dalam memilih pemimpin. Semuanya mempunyai hak yang sama, yakni satu orang satu suara.

“Pemimpin diibaratkan seperti masinis, nakhoda atau pilot yang membawa pemerintahan dan masyarakat. Sosialisasi KPU bermanfaat agar terjadi proses pemilihan yang damai dan pasti. Masyarakat dapat menanyakan program visi yang disampaikan pemimpin terpilih,” ucapnya.

Sekcam Kelapadua, Syarif Usman, mengharapkan target Pilbub-Wabup di wilayahnya terselenggara dengan sukses. Kecamatan Kelapadua sendiri senantiasa menghimbau agar balance.

“Hasil sosialisasi KPU diharapkan bisa disosialisasikan kembali di masyarakat. mengingat pada Pilgub dulu tingkat partisipasi masyarakat rendah. Kita harapkan di Pilbup- bisa sesuai target dan memberi manfaat bagi semua.

Fatah Hidayat selaku Ketua Panitia Pelaksana sosialisasi sekaligus merangkap Wakil Ketua IPJI Kabupaten Tangerang, mengatakan pihaknya bekerjasama dalam menyosialisasikan Pilbup-Wabub yang diisi pemaparan seputar Pemilu 27 Juni 2018.

“Pelenggarakan sosialisasi dalam rangka mengajak peserta berpartisipasi mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dalam memilih pemimpin Kabupaten Tangerang. Penyelenggaraan Pilbub-Wabup Tangerang semoga sukses dan sesuai dengan harapan bersama,” tandasnya.

EDY TANJUNG

Leave a Reply