JAKARTA DIPENUHI KALI KOTOR, BANJIR DIMANA-MANA.



Jakarta sekarang banyak memiliki kali yang kotor, akibat ketidakpedulian masyarakat akan kebersihan dan lingkungan hidup yang sehat.  Pemandangan buruk kali yang tidak terurus tidak sulit dijumpai di Ibu Kota Negara kita. Kebiasaan hidup sehat masih minim di miliki  warga ibu kota yang setiap harinya masih terbiasa membuang sampah di sembarang tempat, khususnya di bantaran sungai-sungai yang ada. Padahal dampak dari kebiasaan buruk ini  selalu mereka alami khususnya di setiap musim penghujan. Banjir adalah tamu yang mau tidak mau harus mereka nikmati di setiap tahunnya akibat ulah perilaku manusia yang tidak bertanggungjawab.

Banyak masyarakat yang mengeluh, meminta solusi kepada pemerintah untuk menanggulangi banjir yang selalu hadir di setiap musim hujan.  Pada kondisi ini peran pemerintah nampaknya  belum maksimal dalam mengatasi permasalahan  klasik yang menjadi beban Jakarta setiap tahunnya.

Masyarakat seharusnya jangan hanya menunggu pemerintah bergerak untuk menanggulangi banjir, mereka juga harus mempunyai kesadaran untuk hidup bersih dan mencintai lingkungan di sekitarnya, dengan membangun kepedulian yang lebih tinggi.  Untuk itu, mulailah dari diri sendiri untuk tidak membuang sampah di kali-kali dan tempat-tempat yang  menambah besarnya kemungkinan banjir.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply