Berkat Bantuan Wali Murid SMPN 2 Pagedangan Sukses Laksanakan UNBK



Yeyen SPd

KABUPATEN TANGERANG, BantenLink — SMP Negeri 2 Pagedangan termasuk salah satu dari 13 sekolah menengah negeri yang men-Ujian Nasional Berbasis Komputer 278 siswanya, yang pelaksanaannya telah selesai pada Kamis 26 April 2018.

Menurut Yeyen SPd selaku kepala sekolah, dirinya memberanikan diri tidak lagi menempuh Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil. (UNPK). Ia tak mau menyewa sekolah lain, UNBK dilaksanakan di SMK yang sudah lebih dulu ujian.

Meski sempat pusing memikirkan caranya, akhirnya sekolah yang hanya memiliki sejumlah personal computer dapat mengadakan sejumlah laptop tambahan yang dipinjam dari guru dan orang tua murid yang membantu.

“Setelah rapat orang tua murid dan dewan guru, kami mengajukan diri untuk ikut UNBK. Syukurnya laptop dapat meskipun harus digunakan para bergantian tiga kali dalam sehari,” ujar Yeyen.

Dalam melaksanakan UNBK, SMP Negeri 2 Pagedangan tidak hanya menyiapkan prangkat komputer, tapi juga sebanyak 4 server (server). Tiga dipakai saat UNBK dan satunya lagi untuk cadangan.

“Harga server satu unit kisaran Rp 10 juta sampai Rp 14 juta yang pengadaannya mwmbeli dengan mencicil yang anggarannya menyisihkan uang BOS,” kata Yeyen.

Memang, katanya lagi, perlu menyiapkan komputer, laptop listrik, jaringan internet, stabilizer dan server untuk ujian. Caranya boleh dengan menyewa, membeli atau meminjam.

“Repot juga sih terlebih sistem anggaran BOS sekarang ini. Bayar listrik mahal untuk daya yang cukup. bayar Internet Rp 1,5 juta per bulan. Kesulitan bisa diatasi ketika membicarakannya terbuka pada orang tua,” ujar Yeyen.

Tapi, katanya lagi, kuncinya perlu keberanian untuk bisa menyukseskan program yang dicanangkan pemerintah, dan dalam upaya membangun integritas ini dengan lebih dulu mengajak orang tua untuk murid membicarakan kendala yang dialami sekolah.

EDY TANJUNG

Tags:

Leave a Reply