Diskominfo Tangsel Latih SPSE dan SIKAP Penyedia Barang dan Jasa



Pelatihan SPSE dan SIKAP Penyedia Barang dan Jasa oleh Diskominfo Tangsel

TANGERANG, BantenLink — Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (24/4) melaksanakan pelatihan aplikasi SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik dan SIKAP (Sistem Informasi Kinerja Penyedia) terhadap 50 penyedia barang dan jasa setempat.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo, Ismunandar, membuka pelatihan peningkatan kapasitas penggunaan SPSE dan SIKAP itu. Turut hadir Kepala Bidang (Kabid) Smart City, Isep Cuarsa. Dalam kesempatan itu menyebutkan pelatihan mengenai SPSE Versi 4.

“Dengan LPSE penyediaan barang dan jasa diakomodir dengan sistem yang terintegrasi. Sedang kan SPSE Versi 4 merupakan produk LKPP terbaru yang berguna untuk mempermudah proses lelang,’ ungkap Ismunandar dalam sambutan pembukaan kegiatan di Tangerang

Hal senada disampaikan salah seorang verifikator bernama Sarbini. Kegiatan tersebut dalam rangka pendaftaran perusahaan melalui penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

“Pendaftaran dapat dilakukan dengan mendaftarkan nama pelapor, user ID, e-mail, NPWP, nama PT dan e-katalog. Namun, jika belum bisa mengakses Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE ), peserta dapat menghubungi Kominfo,” terang Sarbini.

Narasumber dari LPSE yang akrab dipanggil Benny ini menambahkan bagi data perusahaan yang belum terakrediras secara nasional dan belum mengerti, LPSE selalu melayani kesulitan apapun.

“SPSE sebagai Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah kerahasiaan pun dijamin pula oleh BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Bahkan LKPP sendiri tidak dapat membuka dokumen kecuali om oleh pokja dan penyedia saja,” kata Sarbini lagi.

LPSE sudah dilaksanakan sejak Tangerang Selatan berdiri dan mengacu aplikasi LKPP (Lembaga Kebijakan Penyedia Barang dan Jasa Pemerintah) sesuai Perpres. “Namun Pelatihan tidak hanya dilakukan selama 2 hari. Sedangkan sebelumnya telah dilaksanakan di LPSE pada setiap hari Kamis LPSE dari pagi hingga siang hari,” pungkasnya.

Leave a Reply