Dinas PPPA Kab Tangerang Latih Relawan 6 Kecamatan Perlindungan Anak Berbasis Lingkungan



Pelatihan Perlindungan anak oleh Dinas PPPA, Senin (23/4)

KABTANGERANG, BantenLink — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Tangerang, Senin (23/4/2018), memberikan pelatihan pada sejumlah relawan dari sejumlah kecamatan yang ada di wilayah setempat

Sekretaris Dinas P3A, Surojudin, didampingi Kabid Perempuan dan Anak, Yoyoh, kegiatan yang ketiga kalinya diadakan tersebut bertema perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM) bagi kader kecamatan.

Kader yang diundang untuk menjadi peserta, yakni dari kecamatan Cikupa, Pagedangan, Legok, Sukamulya dan Kosambi. Gunungkaler dan Kosambi. Setiap kecamatan mengirimkan relawan 10 orang.

Hadir memberikan materi dari Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Banten, Erminiwati. Dalam kesempatan itu menyampaikan tentang anak sebagai tunas dan pemimpin masa depan bangsa yang harus dilindungi, karena menjamin eksistensinya.

“Memanjakan anak bukan dengan membelikannya motor, tapi memang berikan anak perindungan mulai dari kandungan, sebagaimana tercantum dalam konvensi PBB tentang hak anak dan Undang Undang Perlindungan Anak, ” ungkap Erminiwati.

Selain itu, lanjutnya, anak mempunyai hak mendapatkan konsultasi dan pengasuhan dengan adanya program Puspagra dan program lainnya secara berkelanjutan. Jika ada prevelensi angka anak menderita gizi buruk harap dilaporkan ke Dinkes, tuturnya.

“Perlindungan anak termasuk pemberian ASI dan penguatan kelembagaan dengan perda, adanya PAUD. Wajib pula dilakukan perlindungan khusus di daerah yang sedang konflik, terkait masalah hukum, anak berkebutuhan khusus dan anak berhadapan hukum,” katanya.

Perlindungan anak juga dalam berekspresi, hidup dengan orang tua dan mendapatkan informasi, memiliki nama, identitas. Dilarang diperlakukan sebagai eksploitiasi dan diperdagangkan. Ada sebanyak 31 yang menjasi konvensi hak anak.

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply