Hari Konsumen Bandara Minangkabau Ingatkan Hak Konsumen Sesuai Pasal 4 UUPK



Tenant Bandara Minangkabau Ingatkan Hak Konsumen dengan Memberikan Selebaran

PADANGPARIAMAN, BantenLink — Dalam memperingati Hari Konsumen, BPKN dan Angkasa Pura II menyosialisasikan berbagai hak pelayanan dari maskapai penerbangan dengan membagikan selebaran kepada para penumpang.

Seperti yang dilakukan, sebut saja Upik dan rekannya, di Bandar Udara Internasional Minangkabau, Jumat (20/4/2018). Di Hari Konsumen penumpang diingatkan agar berdaya akan adanya haknya saat berangkat dan tiba dengan on time.

“Jika terjadi kelambatan berangkat, penumpang berhak mendapatkan kompensasi. Termasuk untuk pengiriman hewan dan tumbuhan berhak mendapatkan kemudahan prosedur pengiriman dan pengurusan dokumen karantina,” terang tenant bandara tersebut.

Selain itu, tambahnya, untuk pelayanan bagasi dan kargo konsumen berhak mendapatkan pelayanan petugas yang ramah untuk informasi barang yang dapat dibawa, serta mendapatkan penggantian jika kargo dan bagasi hilang atau rusak.

“Pengguna maskapai penerbangan juga berhak mendapatkan kemudahan akses dari dan keluar bandara dengan tanpa antrian yang panjang dan mendapatkan pelayanan kesehatan memadai, cepat dan tepat secara medis,” lanjutnya.

Selain itu, diingatkannya pula untuk mendapatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna maskapai serta didengarkan pendapat dan keluhannya serta mendapatkan advokasi tanpa perlakuan diskriminatif sesuai hak konsumen pada Pasal 4 UUPK (Undang Undang Perlindungan Konsumen.

EDY TANJUNG

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply