Dengan RKPD Infrastruktur Jelek Kab Tangerang Tuntas 5 Tahun Lagi



Moh Rudy Maesyal

KABTANGERANG | BantenLink — Pemerintah Kabupaten Tangerang bertekad akan menyelesaikan pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan drainase secara bertahap. Secara keseluruhan baru akan bisa diselesaikan pada lima tahun mendatang.

Hal itu dikemukakan Pelaksana Harian (PlH) Bupati Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, saat ditanyai sejumlah wartawan seusai penyelenggaraan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten di Gedung Serba Guna Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, Selasa (27/3/2018).

Dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) yang merangkap PLH Bupati ini, hingga awal tahun 2018, pencapaian pembangunan dan peningkatan infrastruktur jelek di Kabupaten Tangerang sudah sekitar 85 persen, dan tinggal 15 persen lagi untuk dapat dituntaskan hingga lima tahun ke depan.

“Infrastruktur jalan memang sebagai salah satu hal yang sangat strategis dan menjadi prioritas di Kabupaten Tangerang. Secara rinci, yang harus terus diperhatikan agar kondisinya terus baik, ada sebanyak 302 ruas jalan kabupaten, 9 jalan propinsi dan 1 jalan nasional. Kondisi jalan itu harus terus ditingkatkan hingga 5 tahun ke depan,” ungkap Maesyal Rasyid pada wartawan.

Lebih jauh dikatakannnya, dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Tangerang itulah dilakukan Musrenbang RKPD. Sama halnya kondisi jalan kabupaten, jalan di bawah kewenangan provinsi dan nasional pun harus tetap baik. Untuk itu dilakukan dengan melakukan kordinasi secara intensif.

“Dan tak hanya melakukan peningkatan di bidang infrastruktur jalan, Pemkab Tangerang juga harus fokus dengan peningkatan penambahan jumlah drainase. Jadi, dibangun jalannya, tentu dibangun juga drainasenya,” kata Maesyal.

Musrenbang

Musrenbang Kabupaten Tangerang 2019

Saat memberikan sambu pada Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten PLH Bupati menyebutkan Musrenbang RKPD berdasarkan hasil Musrenbang tingkat Kelurahan dan Desa, Musrenbang Tingkat Kecamatan, Musrenbang Forum SKPD, dan usulan hasil reses Legilatif.

Pada kesempatan bertema Pemantapan Insfrastruktur, Penguatan Daya Saing serta Peningkatan sistim tata kelola pemerintahan hadir para Muspida, Muspika para kepala OPD, serta Perwakilan unsur Pemerintah dan masyarakat.

“Adapun skala prioritas pada pembangunan Daerah 2019 mencakup Pengembangan Ekonomi Masyarakat dan Ketahanan Pangan, Peningkatan Kualitas Sumber daya manusia, Peningkatan infrastruktur, perumahan dan Pemukiman, Penanggulangan Kemiskinan dan Pengangguran, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan,” paparnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang, Didin Samsudin, mengamini apa yang disampaikan PLH Bupati. Katanya, dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2019 adalah dirumuskannya kebijakan Pemeritah Daerah dalam mengoptimalkan pencapaian pembangunan yang disertai peran masyarakat.

“Sasaran pembangunan 2019 adalah percepatan merealisasikan Visi dan Misi Daerah dalam penanganan permasalahan yang mendesak
dan primer yakni 25 program unggulan,” tandasnya. |

EDY TANJUNG

Jpeg

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply