Kepsek Pening Terjerat Hutang, Kegiatan Full Dana BOS Banyak Aturan Belum Cair

Logo BantenLink

KABTANGERANG — Para kepala sekolah negeri (SD dan SMP) mengeluhkan pencairan dana BOS yang datangnya terlambat. Hingga pertengahan bulan Maret 2018 ini, bantuan operasional sekolah yang seharusnya turun rutin tiga bulan sekali itu belum ada pencairan.

Dan karena banyaknya kegiatan sekolah yang harus dipenuhi dalam pencapaian 8.standar pokok pendidikan, tak bisa disangkal, persoalan ini menyebabkan para kepsek terpaksa mengutang uang dari pihak lain.

Sumber bantenlink.com menyebutkan, hingga turunnya dana BOS, para kepala sekolah, akan tetap disibukkan dengan pelaporan penerimaan anggaran yang telah diterima sebelumnya. Yang merepotkannya, harus mengulang-ulang laporan SPJ, karena beberapa instansi.



“Lebih merepotkan lagi, kami kepala sekolah menghadapi bentuk pelaporan yang berbeda-beda antarinstansi. Akhirnya banyak waktu terbuang hanya dalam membuat laporan. Bahkan sekarang kami sedang sibuk mengikuti peraturan baru yaitu mengurusi rekening giro sekolah sebagai pengganti buku tabungan,” beber salah seorang kepala SD yang tidak mau disebutkan namanya.

Dia menambahkan, para kepala sekolah dan guru seharusnya bisa fokus dalam KBM. Untuk itu jika pemerintah mengucurkan anggaran Dana BOS agar turun secara teratur dan para sekolah tidak direpotkan dengan masalah administrasi.

“Soalnya kami harus teratur juga dalam pengelolaan manajemen sekolah yang tidak bisa ditunda, mulai membayar guru honor yang belum mendapatkan tunjangan pemerintah, bayar listrik, internet dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Disebutkannya, berkaitan dengan KBM yang memerlukan biaya lainnya, diantaranya biaya menghadapi ujian tengah semester dan try out kelas 6. Di luar KBM banyak pula kegiatan diluar sekolah yang memerlukan biaya, seperti FLS2N dan O2SN.

“Ya, mau tak mau karena sekolah tak punya uang mau tak mau harus memakai uang pribadi dulu. atau pakai tabungan siswa dulu. Kalau nggak punya uang juga mau nggak mau utang-utanglah agar KBM dan kegiatan lainnya bisa terlaksana,” tandasnya. |

EDY TANJUNG

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply