Majlis Dzikir Al Ikhlas: Aktif di Thariqat dan Dunia Pendidikan



TANGERANG | BantenLink — Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas Kabupaten Tangerang, dibawah pimpinan Kiai Endang Haryana Tajuddin Syarif, pada bulan Februari 2018 resmi membuka Majlis Thariqat Qadiriyah wa Naqsabandiyah. Penyelenggaraan Nadlwatudz Dzikri Al Ikhlas Tangerang ini tak lain di dari niat tawadu’ menjalankan amanah, wasilah dan risalah guru (mursyid) syaikh Tubagus Ahmad Kadzim Asnawi dari Menes, Banten.

Kiai Endang Haryana mengatakan, dibukanya majlis thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah Nadlwatudz Dzikri Ak Ikhlas Tangerang, tak lain untuk memberi kesempatan warga untuk menjadi santri yang ingin bersuluk.

“Untuk jamaah umum yang mau, dapat mengikuti dzikir rutin mingguan atau bulanan,” katanya.

Lebih jauh Kiai Endang Haryana menjelaskan, jadwal pengadaan majlis dzikir yaitu, pada hari Minggu pertama diisi dengan Dzikir Riyadloh. Minggu kedua diisi dengan Dzikir Tawajjuh. Minggu ketiga diisi dengan Dzikir Muroqobah, sedang pada minggu keempat diisi dengan Dzikir Khataman.

“Di minggu pertama, kedua dan ketiga hanya diikuti oleh murid atau jamaah khusus yang sudah di-baiat oleh pimpinan Majlis Dzikir Al Ikhlas, sedangkan pada minggu keempat boleh diikuti oleh jamaah umum dan bisa langsung di-baiat,” terang Kiai Endang Haryana.

Dikatakannya, waktunya pelaksanaan Dzikir Thariqah yakni pada hari Minggu mulai jam 10.00 WIB hingga selesai. Bagi muslimin yang mau mengikuti majlis, lanjut Kiai Endang Haryana, dapat mengkonfirmasi ke Pondok Pesantren Majlis Dzikir Al Ikhlas di Kampung Manukung, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang.

Kiprah di Pendidikan

Catatan yang dihimpun bantenlink.com, sejak Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas berdiri di tahun 2005, aktif menjadi baitul mal yang menghimpun zakat, infaq dan shodaqoh. Selain  aktif melakukan kegiatan dzikir akbar dan mengadakan bakti sosial bagi yatim, jompo dan kaum duafa (fakir-miskin(, juga aktif berkiprah dalam dunia pendidikan.

“Yayasan ini bergerak dalam kegiatan kemasyarakatan dan kemanusiaan, dan memberikan kesempatan bagi amilin dan masyarakat untuk dapat dengan mudah mengecap pendidikan,” ungkap Kiai Endang Haryana

Ditambahkan, ada sebanyak 270 siswa dari SMP, SMA, SMK anak asuh Majlis Dzikir Al Ikhlas yang sudah lulus sekolah dari kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tangerang atas proposal ke walikota Tangerang.

“Di tahun 2017 hingga 2018, ada sebanyak 5 amilin yang dikuliahkan di perguruan tinggi (universitas). Sedangkan untuk tingkat SMK ada sebanyak 7 orang. Selain itu yang dilakukan yakni menolong warga sekitar yang belum bayar uang sekolah atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, pada tahun ajaran 2018-2019 Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas menerima siswa-siswi baru untuk tingkat TK IT & TPQ. Griya Tahfidz Al Qur’an juga dilaksanakan untuk anak-anak yatim dan dhu’afa yang dalam pelaksanaannya pembayaran gratis atau tanpa dipungut biaya apapun,” imbuhnya.

Untuk itu selaku pengurus YMDAI memohon dukungan dan do’a kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat baik instansi pemerintah maupun swasta, lembaga, kelompok maupun pribadi. Semuanya berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi sekalian ummat.

“Sebelumnya, dalam rangka mengemban amanah untuk saling membantu dan kasih mengasihi sesama umat di muka bumi YMDAI sebagai lembaga sosial pendidikan, keagamaan dan kemasayarakatan menjadi wadah yang menjembatani dalam menyalurkan bantuan sosial baik untuk pendidikan, keagamaan dan bantuan lainnya. jalan Murai KavlingPerkebunan Kota Tangerang,” lanjutnya lagi.

Diceritakannya, baru-baru sebanyak 75 anak dari tingkat SD sampai SMP telah disantuni bersama SPBU 34 15107 Panunggangan Barat, Cibodas yangg dipimpin bapak Samsul dan rekan menyampaikan bantuan berupa peralatan sekolah kepada anak asuh Yayasan Majlis Dzikir Al Ikhlas yang berkantor pusat di jalan Murai Kavling Perkebunan Kota Tangerang. sebanyak 75 anak dari tingkat SD sampai SMP. |

TIM REPORTASE

Leave a Reply