KPU Tetapkan A Zaki Iskandar dan Mad Romli Cabup Wabup Tangerang, Ini Dasarnya

Calon Bupati Tangerang A Zaki Iskandar dan Calon Wakil Bupati Tangerang Mad Romli (baju putih)


Rapat Pleno

KABTANGERANG | BantenLink — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018 di Hotel Imperial Aryaduta Karawaci pada Senin 12 Februari 2018.

Ketua KPU Kab Tangerang, Akhmad Jamaluddin, dalam sambutannya mengatakan penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati disesuaikan dengan jadwal Pilkada yang serempak dilakukan 171 daerah se-Indonesia.

“KPU Kabupaten Tangerang melakukan hal sama yang dilakukan daerah lain. Namun disini hanya ada satu pasang bakal calon, dan ini menjadi calon sah sesuai aturan Pilkada. Sebenarnya sebelumnya telah menjaring sebanyak 2 orang bakal calon independen.

Bakal calon lain pun masih ditunggu, namun hingga tanggal 29 November 2017 dua yang mendaftar bakal calon independen tak dapat mengumpulkan 131 ribu copy KTP atau 6,5 persen dukungan dari 2,02 juta pemilik hak suara sehingga dinyatakan gugur,” terang Jamaluddin.

LAPORAN TITING MAHDANIAR

Lebih jauh dikatakannya, yang terjadi adalah sebanyak 12 Partai Politik pemilik kursi di DPRD mempercayakan A Zaki Iskandar dan Mad Romli sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada 2018. Dan untuk mencari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang lain, KPU Kabupaten Tangerang sendiri sempat memperpanjang pendaftaran calon, tapi tetap tidak ada perubahan, cuma ada satu pasang calon. Bahkan waktu pengusungan calon oleh partai politik diperpanjang mulai 14 hingga 16 Januari 2018, tetap seperti sebelumnya, hanya mengusung satu pasang calon tanpa ada yang lainnya.

Sementara itu, Zainal Abidin selaku pihak KPU yang menyampaikan hasil verifikasi administrasi dan data faktual mengatakan, dengan hanya ada satu pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, sudah memenuhi syarat dan peraturan untuk dilaksanakan Pilkada.



Setelah pihaknya selesai memeriksa dan meneliti kebenaran dan kelengkapan persyaratan, otomatis mensahkan bakal calon menjadi calon Bupati dan calon Wakil Bupati yang hanya ada. Karena itu, KPU tidak lagi melakukan pengundian nomor urut, dan metetapkan A Zaki Iskandar dan Mad Romli sebagai calon yang sah.

“Dokumen telah kami verifikasi dan crosscheck benar, yaitu ijasah, SKCK, naskah visi dan misi. Kami berharap setelah adanya pengesahan ini semua bisa bekerja secara maksimal.

Jadi setelah ini semua pihak harus menyukseskan Pilkada Kabupaten Tangerang dengan menghindari hoax dan money politic. Ini sesuai tagline Pilkada Kabupaten Tangerang 2018 yang damai dan gembira, sehingga pesta rakyat ini bisa menjadi manifestasi kedaulatan rakyat,” papar Zainal Abidin.

Lebih jauh disampaikannya, syarat dukungan ke-12 Partai mendukung A Zaki Iskandar dan Mad Romli diperkuat dengan SK DPP para partai ditandatangani bermaterai oleh ketua umumnya. Selain itu, ada pernyataan bersama ke-12 partai yang harus sesuai dengan visi dan misi RPJP Kabupaten Tangerang, yang naskah visi-misinya telah diperiksa Bappeda Kabupaten Tangerang.

“Calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerangjuga telah diverifikasi syarat-syarat, seperti surat pernyataan, riwayat hidup, ijazah, SKCK, keterangan tidak pernah jadi terpidana, tidak dicabut hak pilih, tidak memiliki hutang secara perdata di pengadilan negeri, tidak dinyatakan pailit perusahannya di pengadilan niaga dan telah melaporkan kekayaan pada KPK,” imbuh Zainal.

Selain itu, lanjutnya, menyetujui syarat cuti di luar tanggungan negara dalam masa kampanye, yang disetujui Gubernur Banten. Dengan demikian calon Bupati A Zaki Iskandar dan Wakil Bupati Mad Romli dengan demikian dinyatakan telah mengundurkan diri sejak menjadi calon.

Di akhir kegiatan, Zainal Abidin juga menanyakan tanggapan pihak Panwaslu yang hadir dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang yang juga dihadiri unsur Muspida, pengurus Partai Politik dan Panitia Pemilihan Umum tingkat Kecamatan (PPK) itu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tangerang,Tangerang, Muslik, mengakui telah memeriksa dan melihat persyaratan yang sudah dipenuhi calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar dan Mad Romli.

“Persyaratan bapak A Zaki Iskandar dan bapak Mad Romli untuk maju menjadi Bupati dan Wakil Bupati sudah dipenuhi dan sah. Kami tinggal mengawasi dan selalu berkomunikasi saja. Untuk itu KPU harus koperatif dalam kewenangannya, agar Pilkada lebih terjaga netralitas dan kualitasnya hingga ke jajaran bawah. Mari bersama mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi politik agar kondusif,” tutur Ketua Panwaslu Kabupaten Tangerang berpesan. |

EDITOR EDY TANJUNG

Dihadiri unsur Muspida, pengurus 12 Partai Politik, petugas Panwaslu dan PPK

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply