Bupati Tangerang Tinjau Normalisasi Saluran dan Tandon Air di Binong



Bupati Tangerang A Zaki Iskandar di Perumahan Binong Permai, Curug, Kamis (1/2/2018)


Bupati Tangerang , A Zaki Iskandar, didampingi anggota DPRD Kabupaten Tangerang, Rispanel Arya

TANGERANG | BantenLink — Pemerintah Kabupaten Tangerang akan melanjutkan proyek normalisasi saluran air (kali) dan tandon air di kawasan Perumahan Binong Permai, Kecamatan Curug, dengan APBD Perubahan Tahun 2018.

Seperti diketahui, kegiatan pembangunan yang disertai pemasaran dan penataan bantaran saluran air sejak tahun 2017. Pengerjaan normalisasi untuk mengatasi masalah banjir yang sebelumnya kerap terjadi itu, dilaksanakan oleh Kodim 0506 sebagai bansos melalui kegiatan Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air.

Namun karena panjang normalisasi saluran alir sekitar dengan pembongkaran bangunan liar sekira satu kilometer dan sungai sekira satu kilometer, yang disertai pemagaran dan penataan bantaran sungai ini, hingga kini belum selesai. Sedangkan untuk dua bidang tandon air yang berada di Blok F dan G Perumahan Binong Permai hanya dilakukan pengerukan agar kedalamannya bertambah.

Menariknya, pemantauan langsung yang dilakukan Bupati untuk mengetahui progres yang telah dicapai, tak segan-segan dirinya turun melihat langsung normalisasi tandon air yang pengerukannya.

Dalam kesempatan itu Lurah Binong, Masitoh, menawarkan untuk mengenakan sepatu boots, namun calon tunggal Bupati Tangerang di Pilkada 2018 yang memilih memakai sepatu resmi bersama-sama masyarakat yang mengiringi peninjauannya di jalan becek. “Ya, nanti saya beritahukan (pada dinas terkait) agar dimasukkan pada APBD Perubahan (2018),” ucap Bupati Tangerang seusai melakukan peninjauan.

Bupati sebelumnya juga menyempatkan diri turun melihat langsung normalisasi tandon air yang sedang dikerjakan pendalamanya. Meskipun Lurah Binong, Masitoh, sempat menawarkan untuk mengenakan sepatu boros, namun calon Bupati Tangerang di Pilkada 2018 yang datang mengenakan kemeja batik khas kabupaten Tangerang memilih memakai sepatu resmi di jalan becek.

Lurah Binong menyampaikan tandon air jika dikelola bisa dijadikan sebagai objek wisata. Juga mengajak Bupati untuk turun ke tandon air setinggi 5 meter yang sudah mulai bersih. Tapi Bupati hanya meninjau normalisasi dari atas tandon air saja.

Kunjungan Zaki Iskandar sendiri disambut Muspika (Camat, Kapolsek, Danramil) Curug, Tiga Pilar (Lurah, Binamas, Babinsa) dan masyarakat setempat. Selain itu, di dekat amoral disambut langsung anggota DPRD Kabupaten Tangerang. Di sela peninjauannya, berulangkali pula memberikan kesempatan kepada warga yang memintanya berfoto bersama. Tak lupa menyalami jejeran para siswa se-Binong Permai di jalan yang dilaluinya.

Tandon Lippo

Sementara itu, Rispanel Arya, yang berdomisili tak jauh dari tandon air, saat dikonfirmasi seusai kegiatan, mengatakan normalisasi tandon air menjadi salah satu solusi untuk mencegah banjir. “Sayangnya, amprak ini milik pengembang Lippo Karawaci. Kalau kita mau membangunnya, minta dululah,” tandas Rispanel Arya dengan nada bercanda.|

Edy Tanjung

Bupati Tangerang, S Zaki Iskandar bersama murid PAUD Rumah Mutiara dan masyarakat Kelurahan Binong


Tandon air di Binong

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply