Dijadikan Model, Bupati Resmikan Kantor Kelurahan Medang Ruislag Summarecon



Penandatanganan prasasti peresmian kantor Kelurahan Medang hasil ruislag dengan pengembang PT Summarecon terbuka, Senin (29/1/2018)


TANGERANG | BantenLink — Pesatnya perkembangan ibukota berimbas dan dampak luar biasa pada daerah terdekatnya. Dulu, segala pembangunan ada di Jakarta, sekarang pindah ke Kabupaten Tangerang. Akhirnya menjadi daerah modern mengikuti perkembangan jaman.

Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar, mencontohkan, Kelurahan Medang yang dahulunya sebagai desa hanyalah tempat perkebunan karet, tapi kini menjadi kawasan moderen. Sehingga sangat tepat dibangunnya kantor kelurahan yang sangat megah.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan peresmian kantor baru kelurahan Medang di kecamatan Pagedangan, pada 29 Januari 2018, yang merupakan ruislag atau tukar guling dari pengembang kawasan elit Summarecon.

“Dengan diresmikan pembangunan kantor kelurahan Medang dan pindah ketempat yang baru dengan bangunan 3 lantai yang begitu megah lengkap dengan sarana dan fasilitas, akan dapat memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar A Zaki Iskandar dalam sambutannya.

Ditambahkannya, hal ini menunjukkan, daerah Kabupaten Tangerang yang dulunya sebagai lahan primer untuk pertanian, kini telah berubah menjadi lahan sekunder yang dipenuhi perumahan yang selanjutnya menjadi daerah tersier dengan unggulan perdagangan dan jasa.

“Kantor kelurahan Medang yang ada saat ini adalah kantor kelurahan zaman now yang bisa dijadikan model untuk kantor kelurahan lainnya. Baik di Tangsel (Tangerang Selatatan) maupun di Kota Tangerang, belum ada kantor kelurahan semegah sarana dan fasilitasnya sebaik ini,” papar petahana yang akan mencalonkan diri lagi sebagai bupati Tangerang ini.

Dia menyebutkan, dari APBD Kabupaten Tangerang sendiri belum dapat membangun seperti ini. Namun kedepannya, dengan bertambahnya PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang dihimpun dari kemajuan, diharapkan kemajuan yang dialami Kelurahan Medang bisa diikuti yang lain.

“Coba muter-muter di Tangsel dan Kota Tangerang, tak ada kantor kelurahan semegah ini. Bahkan kalau dilombakan se-Banten, saya yakin akan menang bagus,” canda Bupati yang mencalonkan diri lagi pada Pilkada 2108 ini.

Lebih jauh dikatakannya, sarana dan fasilitas serta disain gedung kelurahan Medang semoga nantinya bisa diikuti kelurahan lain.

“Mudah-mudahan jika PAD lebih meningkat, semua bangunan kantor kelurahan bisa serupa ini. Jadi, bisanya dimulai dua tahun lagi,” imbuhnya seperti menjanjikan.

Harus diakui, ungkapnya, saat ini APBD berjalan belet, untuk itu selain peningkatan pelayanan di kelurahan akan dapat menggali sektor potensi PAD.

Terkait mengenai pelayanan maksimal di kelurahan itu, Zaki menyebutkan kedepan pelimpahan pelayanan pun langsung dilakukan kelurahan, sehingga masyarakat tak perlu lagi pergi ke kecamatan.

Kontribusi Summarecon

Sedangkan Dirut PT Summarecon Tbk Pitoyo Andriyanto, menyebutkan
kantor baru Kelurahan Medang dengan merelokasi di tempat yang lebih baik sebagai kontribusi kepada Pemda dan masyarakat. Juga untuk mengantisipasi pelayanan ke depan dan menjadi image pelayanan bgi pemerintah daerah.

“Kami berterima kasih pada Bupati dan DPRD Camat dan Lurah yang mendukung ruislag dari kantor lama yang bersebelahan. Kalau dulu lebar jalan di depan kantor kelurahan cuma 5 meter, kini 20 meter yang bisa dijadikan sebagai eksposur luar biasa. Luas bangunannya 668 meter dengan tiga lantai yang dilengkapi dengan mushola. Kerjasama ini tidak lepas arahan bapak Bupati, papar Andriyanto.

Puji Lurah

Bupati juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan Lurah Medang, Rizki, yang telah melakukan kerjasama dengan pihak pengembang, dengan mengatakan tak salah dalam memilih lurah yang masih muda-muda.

“Tepuk tangan kepada lurah muda yang derap langkahnya cepat sehingga kantor Kelurahan Medang bisa menyesuaikan perkembangan tata ruang. Tentunya pencapaian ini harus diiringi dengan peningkatan pelayanan umum,” ujar Zaki.

Sementara itu, Lurah Medang dengan rendah hati mengucapkan terimakasih pada semua pihak.Diresmikan kelurahan agar roda pemerintah baik, terutama dalam melayani kebutuhan masyarakat.

“Dengan meningkatnya dan pengembangan kantor Kelurahan Medang dari luas sebelumnya 1488 meter menjadi 2128 meter, berarti pelayanannya harus yang terbaik.
Semuanya, hasil perjuangan tokoh masyarakat, LPM karena bisa pindah atas kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat dan andil PT Summarecon Tbk yang bersinergi baik,” katanya.|

EDY TANJUNG

Kantor Kelurahan Medang

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply