Dituntut Netral, Kerja Panwaslu Full Satu Desa Satu Orang

Ketua Panwaslu, Camat, Kapolsek, Danramil dan Ketua MUI Cikupa


TANGERANG | BantenLink — Dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) atau pemilihan Bupati Kabupaten Tangerang 2018, satu desa atau kelurahan hanya diawasi seorang pengawas dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Untuk itu ditekankan agar pengawas mengetahui tugas pokok dan fungsinya dan harus bekerja keras.

“Meskipun hanya ada satu orang pengawas yang ditugaskan di tingkat desa atau kelurahan, namun diminta agar menjaga netralitas dan bisa bekerja penuh waktu. Terlebih pada Pilkada Kabupaten Tangerang hanya ada satu pasang calon bupati, sedangkan jumlah partai politik bertambah.”

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Kecamatan Cikupa, Hasan Basri, pada bantenlink.com seusai pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji terhadap 14 anggota Panwaslu terdiri dari 12 pengawas desa dan 2 pengawas kelurahan di kecamatan setempat, Minggu (14/1/2018).



Dalam kesempatan dihadiri Camat Cikupa, Hendar Herawan yang didampingi Kapolsek dan Danramil serta diambil sumpah oleh Ketua MUI itu, Hasan Basri alias Ubay mengingatkan agar 14 pengawas Pilkada tingkat desa atau kelurahan se-Kecamatan Cikupa, nanti bekerja sesuai peraturan Panwaslu.

“Karena hanya ada satu orang pengawas tingkat desa atau kelurahan yang ditugaskan, jadi harus bisa bekerja penuh waktu. Paling penting, wajib menjaga netralitas dalam bertugas,” ucap Hasan Basri.

Meskipun begitu, lanjutnya, pengawas tidak bekerja sendiri karena adanya aparat lainnya disamping para saksi. Sedangkan untuk mekanismenya, nantinya surat suara yang telah dicoblos pemilih akan dibawa langsung dari tempat pemungutan suara akan dibawa langsung ke kantor PPK di Kecamatan.

“Sanksi apa yang akan dijatuhkan jika pengawas tingkat desa atau kelurahan yang dilaporkan melakukan pelanggaran dan melalaikan tugasnya, tentu Panwaslu Kabupaten Tangerang dapat memberhentikan atau menggantikan pengawas yang bersangkutan,” terang Hasan Basri.

Senada, terkait tupoksi para pengawas tingkat desa atau kelurahan tersebut Camat Cikupa, Hendar Herawan, berpesan agar para pengawas memahami dan menjalankan tugas sebagaimana ditentukan peraturan.

“Setelah pelantikan ini nanti juga diadakan bimbingan dan teknis dalam melaksanakan tugas. Pada dasarnya pengawas tingkat desa/kelurahan hanya sebagai pelaksana yang mengikuti aturan saja,” ujar Camat Cikupa. (Edy Tanjung)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply