Berbagai Hal Terkait Pemdes Disampaikan dalam Musrenbang Desa Kadusirung

Pelaksanaan Musrenbang Desa Kadusirung, Sabtu (12/1/2017)

KABTANGERANG | BantenLink — Sebanyak 50 warga Desa Kadusirung, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Sabtu (12/1/2017) mengikuti Pra Musrenbang Desa Tahun 2019.Namun tak hanya berkaitan Musrembang yang dibahas, namun beberapa hal yang menyangkut pemerintahan desa.

Dalam kegiatan yang dipandu Kades Kadusirung, Samsu, itu hadir Kasi Kesos Kecamatan Pagedangan, Wawan, unsur tiga pilar Binamas dan Babinsa, LPM, RW, Jaro, RT tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan.

Kades Samsu menyebutkan, diadakan Musrenbang tingkat desa dimaksudkan agar warganya tahu tentang rencana pembangunan desa. Dalam Menebang diharapkan agar pengajuan bisa diterima dan menjadi usulan tingkat kecamatan.

“Meskipun Musrenbang dilaksanakan pada hari kerja, namun saya berterimakasih banyak banyak sekali yang hadir. Kehadiran bapak-bapak sangat diperlukan sekali mengingat undangan desa tidak sebulan sekali, bahkan tidak tiga bulan sekali. Dengan adanya Musrenbang, berarti memahami pembangunan desa agar maju,” ucap Kades Kadusirung, Samsu.

Selain membicarakan rencana pembangunan desa, dirinya juga memaparkan tahapan-tahapan perencana pembangunan desa yang harus dilalui. Di desa yang mulai dibangun sejak tahun 1983 itu dia berharap agar secepatnya berjalan pembangunan wilayah.



“Kemudian, pada bulan Pebruari 2018 Desa Kadusirung akan melaksanakan Bina Wilayah (Binwil), oleh karena itu PKK Desa Kadusirung diharapkan bekerja sama RT dan RW diharapkan akan dapat menyukseskannya.
Persiapan berbagai hal seperti berkaitan dengan lingkungan, pendidikan dan kesehatan, diantaranya dengan menilai tanaman obat keluarga (toga) dan aktivitas Posyandu dan PAUD, yang dilaksanakan di kampung,” papar Kades Kadusirung.

Sedangkan berkaitan dengan hal kependudukan, Samsu mengungkapkan, untuk pembayaran pengobatan gratis di rumah sakit harus ditandai dengan adanya E-KTP. Dimaksudkannya, agar kalau ada apa-apa tidak menyalahkan kepala desa.

“Sampai kini untuk Desa Kadusirung dalam hal kependudukan masih mereka-reka pada tiap bulan karena harus ada laporan. Untuk masalah keamanan dan mengantisipasi masalah warga, agar RT dan RW memberikan nomor telepon. Kalau ada pelayanan warga yang memuaskan agar langsung menyampaikannya agar ditangani segera.

“Dalam hal lingkungan Kadusirung saya berharap bisa menjangkau 1 desa. Sedangkan untuk masalah narkoba, perjudian dan adanya orang kriminal agar para RT dan RW dapat menegur dan melaporkannya langsung ke pihak polisi yang berwenang. Saya sendiri berapa kali membereskan orang kriminal,” imbuh Samsu.

Sementara itu, Kasi Kesos Kecamatan Pandangan, dalam pengarahannya menyampaikan pesanan Camat Pagedangan, A Kasori. Dia menghaturkan terimakasih atas partisipasi warga membayar pajak dan PBB, sehingga dari tahun ke tahun pemasukan pendapatan asli daerah Kabupaten Tangerang terus meningkat.

Dia meminta apapun yang diinginkan agar disampaikan pada , sehingga sulit menemukan jalan jelek, seperti halnya di kota. Jika sudah tak ada jalan rusak nantinya pembangunan bisa diarahkan untuk kegiatan lain.

“Musrembang direncanakan dan dilaksanakan setahun sekali dari jabatan kades selama 6 tahun. Tahun 2017 di Kecamatan Pagedangan banyak perencanaan yang diakomodir, baik berasal dari usulan dana desa, kecamatan, dinas. Untuk itu dalam Musrenbang 2019 pak Camat mengesankan, jangan sampai tumpang tindih,” jelas Wawan.

Dalam permasalahan E-KTP, dirinya menyampaikan pada para RT, di Desa Kadusirung ada perekaman E-KTP untuk 1167 KK, dengan perincian masing-masing RT ada sekitar 50-60 KK. E-KTP sangat diperlukan setiap warga, misalnya untuk keperluan hak suara di pilkada, pemilu dan ketika mengalami kesusahan seperti sakit, karena harus memiliki E-KTP. (Edy Tanjung)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply