Kapolres Didesak Usut Tuntas Penganiaya Reporter TV One



Demo wartawan di depan Mapolres Tangerang Kota, Selasa (2/1/2017), terkait penganiayaan Kusnadi Baduy, wartawan TV One pada 30 Desember 2017

KOTATANGERANG | BantenLink – “Jangan ada lagi kekerasan terhadap wartawan! Kapolres Tangerang Kota kami minta mengusut dan menangkap pelaku penganiayaan terhadap wartawan TV One, Kusnaedi Baduy, saat meliput bentrok dua kelompok massa di Pasar Tanah Tinggi, Kota Tangerang.

Selain itu, mendesak pak Kombes Harry Kurniawan memberikan sanksi kepada bawahannya yang tidak responsif menerima laporan tindak kekerasan pewarta elektronik pada hari Sabtu tanggal 30 Desember 2017 yang lalu.”

Orasi keras tersebut disampaikan perwakilan organisasi wartawan, terdiri dari Forwat, IJTI, PWI dan Pokja Harian Tangerang Raya, yang mengerahkan puluhan pekerja pers mengelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Metro Tangerang Kota, Selasa (2/1/2018), sore tadi.

Dalam demonstrasi itu, Ketua aksi Andi Lala, mendesak aparat tertinggi kepolisian setempat, agar segera dan benar-benar mengusut tuntas pelakunya, karena perlakuan keji tidak seharusnya dilakukan pada orang yang tak bersalah, terlebih kepada wartawan yang sedang melaksanakantugas, karena dilindungi Undang Undang Negara Republik Indonesia.

“Kami juga masyarakat yang harus mendapatkan perlindungan di negara ini. Oleh karena itu, meminta Kapolres Tangerang, Harry Kurniawan, memperlakuan yang sama, tanpa membeda-bedakan dengan masyarakat lain dalam perlindungan dan penanganan hukum,” desak Ketua Forum Wartawan Tangerang itu.

Setelah melakukan demo selama satu jam, akhirnya Kombes Harry Kurniawan menerima laporan perwakilan IJTI, PWI dan Pokja Harian Tangerang Raya secara khusus. Kapolres Tangerang Kota berjanji akan mengusut tuntas kasus kekerasan yang menimpa Kusnaedi Baduy tersebut. Menurut Harry Kurniawan, satu dari puluhan pelaku pengeroyokan kini telah diamankan unit Reskim.

“Semua sama di mata hukum, dan teman-teman wartawan adalah mitra kami. Saya pun sudah menindaklanjuti kasus ini, bahkan salah seorang pelaku sudah kami tahan. Saya juga akan memberikan sanksi tegas kepada anggota jika terbukti bersalah dalam melakukan tugasnya,” aku Harry Kurniawan. (Indra/Haeru/Titing)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply