Udin Beberkan Cara Bikin Mercon pada Sat Intelkam Tangsel



Udin, ahli pembuat mercon

TANGERANG | BantenLink — Dalam antisipasi dan pengamanan menjelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Selasa, 19 Desember 2017 Pukul 12.45 WIB, Sat Interlokal Polres Tangerang Selatan mengamankan seseorang pembuat petasan bernama Udin (45), tanpa legalitas di jalan Sektor 1 Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Dari warga Pondokbetung Pondokaren itu, gabungan 2 Unit (IV [Wasendak] dan VI [Kamneg]) Sat Intelkam Polres Tangerang Selatan akhirnya mengamankan barang bukti berupa petasan dan 4 gulungan petasan besar, 67 gulungan petasan kecil, 5 petasan ukuran besar gulungan kecil, selongsong petasan sebanyak 5 dus dan 1 karung.
sumbu petasan 2 ikat, kertas koran untuk gulung 1 Bendel, belerang, potasium, bron/wetasium dan arang. Selain itu disita alat yang digunakan untuk membuat petasan seperti talenan kayu, palu kayu, alat pencetakan jugu dan saringan.

Begini tips Udin Cara Membuat Petasan:

Menurut Udin, bahan belerang (welurang) dan potasium dicampur dan diaduk sampai rata serta disaring, kemudian dimasukan ke cetakan gulungan petasan yang dibuat.Setelah masuk di cetakan, siapkan sumbu yang terdiri dari bahan awal (kombinasi potasium dan belerang.

Kemudian ditambah arang halus lalu dibalut dengan kertas koran. Petasan siap digunakan, campuran masing masing bahan 1 kilogram dapat membuat 4 gelondongan atau 800 buah petasan aktif. (Edy Tanjung)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply