PROF. DR. NASARUDIN UMAR : KESERAKAHAN AKAN MENGHANCURKAN DIRIMU



Keserakahan yang mewabah di kalangan umat saat ini telah menyeret dirinya ke jurang kehancuran. Banyak kasus yang terjadi saat ini karena manusia-manusia seperti ini memiliki sifat yang dimurkai Allah, mencari kekayaan tiada henti yang akhirnya menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

Harta benda terus diburunya hingga menginjak usia tua. Pada saat tua mulai muncul, kegilaannya terhadap harta tidak menyurutkannya untuk terus memburunya.”Sudah bau tanah-pun dia terus disibukan dengan urusan mendapatkan dunia,”jelas Wakil Menteri Agama RI ini dalam sebuah ceramahnya di statsiun televisi nasional.

Keserakahan dalam pandangannya, akan melupakan dirinya bakalan sakit dan bisa menyebabkan kematiannya. Pada kondisi seperti ini keinginan untuk berkelimpahan harta benda ternyata tidak bisa terpenuhi keseluruhannya. Kekecewaan-kekecewaan akan bermunculan karena dia semakin tidak memahami arti syukur yang sesungguhnya. Begitu banyak orang terkena stroke akibat perilakunya yang salah dengan keserakahannya.

Manusia seperti harus mulai menyadari, bahwa diatas langit ada langit. Kehidupan ini adalah kesempatannya untuk bercocok tanam, baik untuk keperluan dunianya karena dia akan menjadi tua, maupun untuk akhirat sebagai tujuan utama kehidupan yang sesungguhnya. Karena hakekatnya kita adalah mahluk akhirat. Tradisi “saving” harus di persiapkan sebaik-baiknya untuk dunia dan akhirat kita.

Kekayaaan sejati adalah kekayaan batin dan bukan pada harta benda. Sadarilah bahwa harta kekayaan tidak bisa menyelesaikan semua persoalan hidup dan kehidupan kita. Kalaupun hari ini Allah swt memberikan kehidupan kita sederhana, ini adalah kebaikan sesungguhnya yang telah diberikan-Nya. Terimalah kenyataan apapun yang Allah berikan pada kita. Jalanilah kehidupan ini dengan penuh keikhlasan dan apa adanya. Jangan iri dan dengki dengan berbagai kelebihan harta dan jabatan yang dimiliki orang lain.  Yakinilah kalau kita ikhlas dengan apa yang ada pada diri kita setelah kita berusaha dan bersungguh-sungguh dengan semua kehidupan kita, inilah pilihan terbaik yang Allah swt berikan untuk kita.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply