PENGGUNA NARKOBA 2015 DI INDONESIA DIPREDIKSI 5,1 JUTA ORANG



Jumlah pengguna narkoba di Indonesia akan naik sekitar 34 persen, semula 3,8 juta orang tahun 2011 maka tahun 2015 di prediksi akan mencapai 5,1 juta orang. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyampaikan angka ini berdasarkan realitas tahun 2012 saja sudah mencapai 4,32 juta, tahun 2013 akan ada 4,58 juta pengguna narkoba, maka wajar di tahun 2015 jumlahnya akan melewati angka 5,1 juta.

BNN memperkirakan jika angka tahun 2015 terealisir maka narkoba telah mewabah dan masuk di semua lapisan masyarakat. Betapa mengerikannya jika pemakai narkoba telah mencapai angka diatas lima juta tersebut. Kondisi social ekonomi masyarakat akan sangat merasakan kerusakan yang terjadi akibat begitu banyaknya pemakai narkoba di lingkungannya.  Kriminalitas dan pelanggaran hukum akan marak terjadi di mana-mana.  Sulit menemukan rasa aman dimanapun kita tinggal. Apakah kita akan membiarkan keadaan ini terjadi tiga tahun mendatang? Tentu tidak.

Untuk itulah BNN mengajak semua pihak untuk melakukan langkah nyata pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba.  Baik pemerintah pusat/daerah, DPR/DPRD, Pers dan masyarakat bahu membahu untuk  memerangi  para bandar dan kurir serta pengedar yang berkeliaran dengan bebasnya di lingkungan memperjual belikan barang terlarang ini.

Merespon himbauan BNN,  yayasan yang memiliki kepedulian terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba di Tangerang adalah Centre for Drugs Research (CDR). Selama hampir lima tahun berdiri telah banyak melakukan kegiatan bekerja sama dengan BNN, BNK Tangerang,Pemda Kabupaten Tangerang,  Polres Restro Tangerang Kabupaten, Lembaga Pemasyarakatan di Tangerang serta berbagai lembaga social lainnya untuk memerangi  bahaya penyalahgunaan narkoba.  Untuk itulah kedepan Yayasan CDR akan bekerjasama dengan Suara Tangerang Online mengelola rubric lengkap terkait dengan berbagai informasi seputar bahaya narkoba ini. Ketua Yayasan CDR Agus SS menyatakan, inilah saatnya masyarakat Tangerang bersatu untuk menekan tingkat penyalahgunaan narkoba. Sehingga tahun 2015 prediksi terjadinya kenaikan hingga 34 persen pengguna narkoba di Indonesia, justru buat masyarakat Tangerang harus punya komitmen untuk turun.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply