TEGURAN TERTULIS BK DPR UNTUK ZULKIFLIEMANSYAH DARI F-PKS



Badan Kehormatan DPR mengumumkan empat anggotanya yang jelas-jelas  melanggar etika, terkait kasus dugaan permintaan jatah ke sejumlah badan usaha milik Negara yang dilaporkan Meneg BUMN Dahlan Iskan. Keempat anggota itu adalah Zulkifilemansyah dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS), Achsanul Qosasi  dari Fraksi Partai Demokrat (FPD), Idris Laena dari Fraksi Partai Golkar (FPG) dan Sumaryoto dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (F-PDIP).

Banyak pengamat menyayangkan upaya “bersih-bersih” DPR sekedar “omong kosong” belaka. Ini terlihat dari kenyataan bahwa keempat anggota yang telah melanggar kode etik tersebut tidak ada satupun yang dipecat. Vonis  yang diberikan kepada mereka begitu ringan, terkesan hanya sekedar BK DPR bisa “menghukum”, sehingga  kehilangan substansi yang sesungguhnya, karena kelakuan mereka jauh untuk bisa dikatakan sebagai “Wakil Rakyat Terhormat”.  Keputusan sekedar “Live Service” ini memang banyak mendapatkan cemoohan dari berbagai kalangan di masyarakat sehingga menambah kesan kusamnya kehidupan demokrasi di Indonesia.

Berbagai kasus tercela yang melibatkan anggota DPR tidak bisa dilepaskan dengan mahalnya biaya politik untuk bisa bertahan sebagai anggota legislative. Anggota Komisi III dari Fraksi PDIP, Trimedya Panjaitan malahan dengan lantang mengatakan Pemilu 2014 mengharuskan calon utama untuk bisa masuk ke Senayan setidaknya membutuhkan dana 2 Milyar rupiah. Dengan penghasilan Rp 60 juta tentunya sangat tidak memadai untuk bisa mempersiapkan diri untuk maju pada pemilihan mendatang. Dengan penghasilan sejumlah tersebut seorang anggota DPR juga harus mengeluarkan  setiap bulannya iuran untuk partai,  sumbangan kegiatan rutin partai, bantuan untuk konstituen yang tidak bisa dihindari, dan keperluan opersional kegiatannya sehari-hari lainnya . Pada kondisi demikian wajar bagi mereka yang imannya lemah, akhirnya ada anggota DPR “terlibat” dalam praktek-praktek memalukan tersebut.

Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply