Hindari Pers, Kades Kemuning Pamer Surat Kuasa ke Pengacara

Struktur Pemerintahan Desa Kemuning

TANGERANG | BantenLink — Entah apa yang ada dipikirkan Kades Kemuning, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang dalam menghadapi wartawan sehingga menghindari pencari dan penyebar informasi. Pasalnya, saat ditanyakan informasi desa yang dipimpinnya, Kades bernama Dadang SIP itu langsung berkelit menunjuk Surat Kuasa-nya kepada Advokat.

Sepertinya, lulusan ilmu pemerintahan dari salah satu universitas di Tangerang itu bukan tak tahu tupoksi wartawan berdasarkan UU No 40 Tahun 1999. Tapi anehnya, kalau dimintai keterangannya sebagai pejabat publik, sarjana ini seperti tak siap dengan melakukan sikap seperti orang yang sangat sibuk.

Seperti ketika berhadapan wartawan media ini pada Selasa 14 November 2017. Setelah menunggunya keluar ruangan kerjanya di kantor desa, waktu diminta informasinya, langsung menyebutkan dirinya akan ke kantor Kecamatan Legok dalam rangka pemeriksaan Inspektorat Kabupaten Tangerang. Bahkan menunjuk selebaran fotokopian yang ditempel di kaca jendela kantor desa.

“Kalau mau informasi saya sudah kuasakan. Lihat itu pengumumannya di kaca. Segala informasi sudah ditangani pengacara, ya,ya,” katanya seperti menghindari pertanyaan wartawan sambil menunjuk kaca jendela kantor desa.

Memang ada fotokopi surat kuasa ditempel ditempat yang ditunjukkan Dadang. Surat Kuasa bukan dengan segel pribadi, namun berkop surat kantor advokat Parade Nusantara yang menerakan nama Sudir Santoso SH MH dan Ahmad Baedowi SH MH.



“Udah ya, mau ada pemeriksaan Inspektorat di kantor Kecamatan,” ucapnya sambil ngeloyor ke luar kantor meninggalkan pers sebagai praktisi pilar ke-4 setelah setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif tanpa menanyakan informasi apa yang bisa dibantunya menjelaskannya.

Merasa penasaran pada secarik kertas fotokopian, bantenlink.com membaca Surat Kuasa Kepala Desa berkop Kantor Advokat Parade Nusantara yang beralamat di jalan Marsekal Surya Dharma M-1 Kecamatan Neglasari Kota Tangerang dengan telepon 081398717890 dan 087771187612 dan dibuat tanggal 25 Oktober 2017.

Disebutkan dalam surat nama Pemberi Kuasa bertulis tangan di atas semacam blanko formulir untuk banyak pihak itu tentang Dadang selaku Kades Kemuning memberikan kuasa hukum pada Advokat Parade Nusantara.

Masalah Tipikor

Sayangnya, lagi-lagi sepertinya dia tidak memahami apa yang tertulis di dalam surat, yang sebenarnya antara lain memberikan kuasa dalam menghadapi masalah gugatan Pidana, Perdata, Tata Usaha Negara dan Tindak Pidana Korupsi selama yang bersangkutan menjabat Kades.

Pada bagian lain, advokat penerima kuasa dinyatakan dalam surat siap menghadiri dan mendampingi pemeriksaan di Kejari Tigaraksa, Kejati Banten dan Kepolisian terkait bantahan hal yang tidak benar, melakukan segala pendampingan pada sang Kades sepanjang tidak bertentangan dengan hukum. (Edy).

Kades kemuning tujukan surat kuasa kantor advokat Parade Nusantara

Surat Pemberian Kuasa Kades Kemuning pada Penerima Kuasa Advokat

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply