Sentak Arsitektur “Modern” di antara Bangunan Kotak-kotak



Salah satu bangunan beraksitektur modem di kawasan Summarecon, Kab Tangerang, Banten

Jemmy S Suhendar

TANGERANG | BantenLink — Memandang dan mengelilingi perkotaan Summarecon, Kabupaten Tangerang, Banten, serasa melihat kawasan yang begitu cepatnya berubah. Beberapa bangunan tinggi apartemen tampak menjulang diantara rumah dan ruko-ruko mewah yang terus bermunculan.
Di mata salah seorang pengajar senirupa lulusan IKIP Bandung, Jemmy S Suhendar, ada arsitektur beda dari yang lain dan menjadi perhatian. Yakni bangunan di kawasan UMN yang bercita seni tinggi.

“Gaya arsitekturnya seakan menyentakkan pada kesadaran pemandangan tentang bangunan perkotaan tidak melulu rangkaian kotak-kotak. Sebagai representasi arsitektur modern, bangunan di seputaran UMN, bisa disebut karya inovasi,” ujarnya pada bantenlink.com, pada Kamis, 2 November 2012.

Guru senirupa SMAN 3 ini menyebutkan, ada sesuatu atau inspirasi yang lain ketika kita menikmati karya seni di lokasi tersebut. Mata seolah tidak akan bosan memandangnya karena bentuk bangunan berbeda kontras dengan yang lainnya.

“Di situ kita lihat ada beberapa bangunan bercorak modern, yang unik dan memanjakan mata. Sebagai karya arsitektur, secara umum, dari luar tidak dapat menilai apalagi lengkap terpenuhi prinsipnya, seperti unsur kegunaan, keindahan dan keamanan,” tuturnya.

Namun, pandangan seni arsitektur, terangnya, baru dapat dinilai setelah mengecek memenuhi unsur fungsional dan estetika. Selain menilai dari luar juga harus melihatnya dari berbagai bagian. Meskipun begitu sebagai sebuah karya seni adakalanya mengabaikan sisi fungsionalitas. (Edy Tanjung)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply