Warga Permata Gembor Keluhkan Banjir Luapan Kali Letub

Luapan kali Redup menggenangi jalan Perumahan Permata, Gembor, Kota Tangerang

TANGERANG | BantenLink — Kawasan permukiman Permata, Gembor, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, sangat sering didatangi tamu tak diundang, yakni banjir mendadak yang berasal dari kali Ledub. Akibatnya menghambat semua akses jalan di sekitarnya.
Meski instansi terkait belum lama ini telah melakukan normalisasi, tapi tetap saja kali tersebut airnya meluap, sehingga melimpah menggenangi jalan.

Dedy, seorang warga perumahan Permata, Gembor, menyebutkan menggenangnya kali Ledub ke jalan, karena normalisasi kali yang dikerjakan Pemkot Tangerang tidak maksimal. Terlebih banyak bermunculannya property yang membangun di wilayah ini, yang diduga tidak mengindahkan peraturan pemerintah.



“Coba lihat sendiri, kali semakin menyempit karena tergerus pembangunan properti, sampai mepet kali dan membuat kali sempit. Inilah yang membuat air tumpah ke jalan,” ucap Dedy bernada kesal, saat air kali melimpah ke jalan lagi, Minggu (29/10/2017).

Dia katakan lagi, bahwa penurapan yang dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang. Kota Tangerang, masih belum menjamin akan menyelesaikan masalah,. sepanjang pembangunan properti tidak memiliki resapan air. Apalagi tidak memiliki drainase yang baik untuk lingkungan. Tampaknya pemerintah seperti tutup mata pada pembangunan yang diduga serampangan sehingga akhirnya membuat banjir berkelanjutan.

“Lihatlah, hujan tidak seberapa gede, tapi banjirnya sudah mencapai 70 centimeter. Bagaimana kalau hujan gede dan lama, itu rumah yang dipinggir kali ledup pasti kerendem air kali. Kalau seperti ini terus, kasihan dong warga yang berada di sekitar sini, tidak bisa beraktivitas,” jelasnya.

Harapannya, pemerintah agar segera bisa menormalisasikan kali Ledub sebaiknya-baiknya. Apalagi nanti bulan Desember, curah hujan akan semakin meningkat. Kasihan kan warga yang berada di sekitar kali Ledub ini. Kepada pengembang agar jangan serampangan membangun, juga harus diberikan sanksi. Karena membangun seenak jidatnya,” paparnya lagi. (Fatah)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply