Kyai Musik Pencipta “Gaun Biru Pengantin” Nia Daniati Hadiri Ultah IPJI

Pencipta lagu Jhon Dayat berpose dengan pengagumnya di sela acara ulang tahun IPJI ke-18 di Jakarta

TANGERANG | BantenLink — “Gaun biru pengantin untuk apa dia berikan. Cincin emas pengikat untuk apa dia selipkan. Sepatu dari kaca untuk apa dia belikan. Benci aku dia ada yang punya”. Lagi? Tarik, Mang! “Baju baru alhamdulillah. Tuk dipakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa. Masih ada baju yang lama…”

Masih ingat ya dua lagu lawas yang dilantunkan Nia Daniati dan Dea Ananda di era 1990-an? Wow, berarti pembaca termasuk kategori generasi jadoel alias jaman doeloe banget. Bagaimana tidak, meskipun sudah mau 30 tahun lagu ini diciptakan, memang buah tangan Jhon Dayat ini masih saja enak didengar.

Tapi, sejauh mana sebenarnya tentang penyanyi nyentrik ini yang Anda ingat? Baiklah kita flash back ke masa lampau. Ia artis se-jaman pencipta dan penyanyi lagu “Kebyar-kebyar”, Gomloh. Dulu, pencipta lagu produktif ini sempat berjaya di blantika industri musik Indonesia.

Namun hingga kini pun sebenarnya masih tetap menciptakan lagu. Kalau dulu menciptakan lagu populer untuk Blackboard Record, era kekinian ia lebih cenderung berkarya bernuansakan religius dan kritik sosial, mudah diakses lewat You Tube.



Catatan bantenlink.com, pencipta lagu berpenampilan unik ini nyambi juga sebagai wartawan di majalah bulanan “Skandal” dan koran mingguan “News Metro”, yang tergabung di Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI). Tapi waktunya masih tetap dihabiskan untuk musik, serta eksis menciptakan lagu dan bermusik di “The Batu Akiq Band”.

Hingga 2017, Jhon Dayat tercatat menciptakan berbagai lagu, seperti “Islam Bukan Teroris”, “Gubernur Baru Jakarta”, “Cintamu bagai Skandal Century”, “Ahok Jangan Panggil Aku Cinta”, Disini Aku Rindu Disana Kau Bercinta”, “Nyanyian Taubatan Nasuha”, “Antara Hujan dan Cinta”, “Damailah Jakartaku”, “Cinta Bukan Konspirasi Hati”, “Kemakmuran Cinta”, “Ampun ya Allah”, “Segila-gilanya Aku” dan “Nyanyian Anti Korupsi”.

Sebagai penggubah lagu yang merangkap menjadi penulis, kehadiran Jhon Dayat pada ulang tahun ke-18 IPJI, 27 Oktober 2017 di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat, menjadi pusat perhatian sejumlah wartawan. Bahkan ada wartawan yang sampai berpose dengannya, seperti Budi Setiawan wartawan amunisinews.com yang sehari-hari melakukan tugas peliputan di DPR RI, Senayan.

Saat bantenlink.com menyambangi si dan memoto si nyentrik yang kemana-mana membawa ukulele, pemusik yang memproklamirkan diri dengan panggilan “Kyai Musik” langsung menyanyikan dua buah lagu lawas ciptaannya, yakni “Gaun Biru Pengantin” dan “Baju Baru”. Dan, lagu-lagu ini memang masih saja easy listening bagi golongan oldies karena berisi syair-syair yang amat sangat sederhana. (Edy Tanjung)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply