Pengurus Mesjid Harus Punya Skill Manajemen & Program Kerja

TANGERANG | BantenLink — Kabupaten Tangerang sudah waktunya mempunyai satu mesjid dalam satu kecamatan. Untuk itu segera akan melakukan pembenahan salah satu mesjid setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Asisten Daerah I (Asda I) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat, Heri Heriyanto, menyebutkan, karena setiap akan memiliki mesjid besar, untuk memenuhi keinginan itu sudah barang tentu DKM bertanggung tanggung jawab dan amanah mengelola mesjid.

“Untuk bisa mencapai hal tersebut, sudah seharusnya sumber daya manusia (SDM) Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) memadai agar bisa mengelola mesjid dengan sebaiknya,” jelasnya.

Hal ini mengemuka saat sejumlah 50 pengurus DKM se-Kabupaten Tangerang mengikuti pelatihan manajemen untuk meningkatkan SDM sesuai tatakelola mesjid. Kegiatan tersebut diadakan di Islamic Centre Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kamis (19/10).



Menanggapinya, Ketua DKM Kabupaten Tangerang, KH Sanwani, mengatakan kegiatan pelatihan manajemen mesjid dimaksudkan agar ada perbaikan atau peningkatan pengelolaan yang menyangkut kegiatan di mesjid.
“Hingga kini masih banyak memang pengelolaan mesjid tanpa memiliki program kerja. Pengurus DKM ada di Kabupaten Tangerang banyak yang tidak dapat bekerja sama, ucap KH Sarwani ketika ditemui BantenLink.

Padahal, lanjutnya, kalau hal ini dimiliki para pengurusnya, kemakmuran menjadi sangat bermanfaat untuk umat. Karena dengan visi misi tersebut pihaknya gencar mengajak pengurus DKM gemar melakukan pembenahan manajemen mesjid agar lebih.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, H Amat, menuturkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang telah memberikan apresiasi kemajuan pengurusan DKM. “DKM pun sudah membantu program Pemkab Tangerang yang cerdas, religius dan gemilang,” tuturnya. (Soleh)

Leave a Reply