LIBATKAN WANITA DALAM USAHA KELUARGA

Untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja usaha, para suami sebaiknya libatkan istri dalam pengelolaan usaha keluarga.  Perempuan diyakini memiliki kemampuan untuk memahami keuangan keluarga , sehingga bisa menjadi kunci sukses bisnis yang dikelola.

Biasanya perempuan yang telah memiliki kepedulian terhadap kelangsungan dan pengembangan usaha, akan mulai melakukan efisiensi usaha suami maupun keluarganya. Karena sebagai pengelola keuangan semakin hari dia semakin tahu kondisi keuangan perusahaan, dan akan melangkah melakukan penghematan serta membangun kreativitas untuk mendapatkan peluang usaha dan peningkatan kinerja usahanya.



Para suami bukan saatnya lagi menutup diri dengan menempatkan wanita pada  tugas rutin mengurus rumah tangga semata. Perlu langkah bijak untuk melibatkannya dalam pengelolaan  usaha suami.  Secara bertahap perempuan dididik pentingnya kemampuan berwirausaha, agar kelak bisa tumbuh dan berkembang secara mandiri.  Dengan demikian terbangun kreativitas dan semangat juang tinggi untuk membantu kemajuan usaha suami dan keluarga. Perempuan akan tumbuh matang sejalan dengan proses pematangan usaha yang dikelola bersama suaminya.

Seorang istri pengusaha, Lisa mengatakan,  suami melibatkan dirinya dalam usaha yang dikelola hampir dua tahun lebih. Selama ini suaminya hanya tinggal menerima laporannya terkait kondisi keuangan perusahaan. Dari hasil usahanya membantu suami, kinerja perusahaan dari waktu ke waktu semakin berkembang. “Dari semula  omset ratusan ribu sekarang ini telah berkembang menjadi puluhan juta rupiah per bulannya”, katanya

Dari kemampuannya mengelola keuangan, sekarang ini pendapatan usaha telah mampu memenuhi semua kebutuhan dan keperluan keluarga. Selebihnya diinvestasikan untuk medukung percepatan usaha yang dikelola, dan sebagian lagi untuk membangun usaha baru di bidang retail.

Rate this article!
Hendri Gunawan

Author: 

hanya sekedar hobi menulis

Leave a Reply