Nobar Film G30S, Ponpes Miftahul Khaer Selektif Download dari You Tube



Suasana nobar film Penghianatan G30S PKK di Ponpes Miftahul Khaer, Tangerang

TANGERANG | BantenLink — Waktu masih sebagai santri pernah menonton film Penghianatan G30S PKI, sedangkan santri sekarang nyaris tak pernah menontonnya, hal inilah membuat Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Khair, Curug, Tangerang, berinisiatif untuk melakukan penayangannya kisah 7 yang dianiaya pada 1965.

Menurut Hafis Gunawan, generasi muda sekarang sudah banyak yang tidak tahu sejarah. Untuk itu dirinya pada tahun ini di pesantrennya yang memiliki 1200 santri memutar film G30S. Terlebih untuk mengingatkan pada waktu sebelumnya banyak kiai NU yang menjadi sasaran PKI.

“Namun agar tidak kesalahan dalam kegiatan saya berkordinasi dengan pihak Koramil Curug. Bahkan dalam memilih film berinisiatif men-download dari You Tube dan menayangkanya di lapangan Ponpes dengan proyektor,” ucap Ustadz Hadis Gunawan.

Pemutaran Penghianatan G30S yang ditonton para santri yang tekun menyimak tontonan dokumenter sejarah. Semua lesehan di lapangan bersama para ustad sehabis sholat Isya berjamaah berjalan tertib hingga akhir cerita.

“Sudah lama juga kita tak pernah menonton film yang dulu rutin ditayangkan di setiap chanel televisi. Karena khawatir resiko pemutar-balikan cerita yang didapatkan film yang telah dirubah, kami dengan teliti dan selektif memilih film yang original sebelum di-download,” tandas kiai muda Nahdlatul Ulama ini. (Edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply