Santunan Yatim 10 Muharram Tradisi Rutin di SDN Cikupa 1



Foto bersama seusai santunan yatim 10 Muharram di SDN Cikupa 1

TANGERANG | BantenLink — Lantunan Shalawat Nabi mengiringi penyerahan santunan anak yatim dalam memperingati 10 Muharram di SD Negeri Cikupa 1 Kabupaten Tangerang, Sabtu (30/9).

Suasana kepedulian tampak saat Kepala Sekolah Hj Empong E Hartini SPd dan Ketua Komite H Abdul Malik secara bergantian membagikan sejumlah uang dan sembako sambil mengusap kepala 16 anak yatim yang ada.

Menurut Hj Empong, peringatan 10 Muharram di SD Negeri Cikupa 1 dilaksanakan sejak 12 tahun lalu masih berstatus guru. Tradisi ini tetap diteruskan setelah dia diangkat menjadi kepala sekolah di tempat lain hingga ditempatkan lagi di SD Negeri Cikupa 1 sebagai Kepala Sekolah.

Menariknya, semua anak yatim disantuni tanpa membedakan agama, yang menumbuhkan persatuan dan kekompakan dalam keberagaman.

“Tradisi menyantuni anak yatim seperti ini terus dilestarikan hingga kini dan menjadi model yang ditiru oleh sekolah-sekolah lain,” ucap Empong Hartini.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah H Abdul Malik sangat mengapresiasi kegiatan 10 Muharram di SD Negeri 1 Cikupa. Biaya yang dikumpulkan dari sumbangan siswa, katanya, harus dimanfaatkan sebaiknya-baiknya bagi siswa-siswi yatim.

“Jangan sampai tercampur hak anak yatim dengan yang kita makan agar hidup barokah,” pesannya.

Kegiatan santunan yang dilakukan di halaman sekolah mendapatkan sambutan para orangtua yang hadir. Hadir pada kesempatan itu H Ulang selaku tokoh masyarakat setempat yang memberikan ceramah dan doa.

“Kami sangat gembira acara ini berjalan lancar. Tentunya berkat kerjasama dewan guru dan semua sehingga meriah dan mengesankan,” ungkap H Empong.

Dijelaskan, peringatan 10 Muharram diisi dengan pentas seni berisi penampilan marawis oleh para siswa. Sedangkan guru vokal para guru menampilkan beberapa lagu religi yang bertema ketuhanan berkaitan dengan kasih sayang terhadap sesama. (Edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply