Verifikasi Kota Sehat Tangerang Dilaksanakan di SMP Negeri 9

Para peserta didik dengan latar belakang gedung SMP Negeri 9 Kota Tangerang


TANGERANG | BantenLink — Verifikasi Kota Sehat di Kota Tangerang dilaksanakan di SMPN 9, Selasa (19/9). Berpartisipasi dalam kegiatan tersebut beberapa SKPD dan unsur, diantaranya Dinas Kesehatan, Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS), Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Dinas Pendidikan yang diwakili Kabid SMP, Camat Cibodas serta Lurah, Binamas serta Babinsa Kelurahan Cibodasari.

Kepsek SMPN 9, Dra Widyana Ramayanthi MPd dalam sambutannya menyampaikan, sangat berterima kasih sekolahnya terpilih menjadi salah satu sekolah yang masuk dalam penilaian team Verikasi Kota Sehat Nasional. Menurutnya, banyak kelebihan sekolah dibawah pimpinannya, seperti ruang sanitasi, toilet, ruang UKS yang bersih serta kantin sehat.



“Sebenarnya, masih banyak sarana yang bisa dijadikan acuan tim penilai Verikasi Kota Sehat Nasional. Kesemua sarana sekolah kami masuk dalam program Sempana atau Keberuntungan yang kami jadikan visi-misi sekolah. Tentunya, program ini didukung oleh semua elemen yang ada, baik dari guru, komite maupun orang tua murid,” ucap Widyana pada bantenlink.com, hari ini.

Ditambahkannya, untuk kesuksesan penerapan visi dan misi sekolah disampaikan setiap hari Senin pada saat upacara, yang diikuti oleh siswa secara rutin. Mottonya, semua kegiatan sekolah dilakukan dengan ikhlas. Program Sempana/Keberuntungan sendiri bertujuan untuk memberikan ruang kepada siswa dalam menyalurkan karya dan kreativitas di sekolah. Bahkan ada alumni yang berpartisipasi memberikan sumbangsih karya, seperti penbudidayaan jamur.

“Sayangnya, Tim Verifikasi hanya melihat sekolah dari masalah kebersihan. Tadi yang dinilai hanya kkeadaan toilet 1, 2 dan 3. Padahal di ruang pojok sini ada ruang baca dan ruang UKS juga. Yang lainnya belum sempat dilihat, dan kami sudah siap bila nantinya akan dilihat semuanya,” ucapnya lagi.

Sementara Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang, H Jamalludin MPd, mengatakan terpilihnya SMPN 9 oleh Dinas pendidikan, mengingat sarana prasarananya sudah memenuhi syarat dari penilaian Verifikasi Kesehatan Nasional.

“Ini komitmen Dinas Pendidikan, memilih sekolah SMPN 9 untuk dijadikan penilaian tingkat Nasional mewakili Provinsi Banten. Sebelumnya, pak Walikota dalam pemilihan Kota Sehat di wilayahnya sudah memberikan arahan tentang kriteria verifikasi,” tandas Jamaluddin. (Fatah)

Leave a Reply