Pilkada Kab Tangerang 2018 Diguyur Hibah Rp 110 Miliar



Sosialisasi Pilkada Kab Tangerang 2018

TANGERANG | BantenLink — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Tangerang dalam menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat pada 2018, menyosialisasikan dasar dasar hukumnya.

Acara tersebut dihadiri berbagai unsur seperti Kejari Kab Tangerang, Ketua KPU Prov Banten Syaiful Bahri, Muspida dan Muspika, Anggota DPR RI H Ali Taher Parasong, Anggota DPRD Prov Banten H TB Luay Sofyan (keduanya dari Partai PAN), unsur Organisasi Kepemudaan dan unsur Partai se-Kab Tangerang.

Ketua KPU Kab Tangerang, Ahmad Jamaludin, pada Selasa (12/9), dalam sambutannya menjelaskan Pilkada diatur oleh UU No 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, UU No 1/2015 tentang Penetapan PP Pengganti UU No 1/2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota yang menjadi UU No 7/2017 tentang Pemilu.

“Pilkada juga diatur PKPU No 1/2017 tentang Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubenur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota Tahun 2018, PKPU No 3/2017 pencalonan pemilihan Gubernur/Wakil dan Bupati/Wakil serta Walikota dan Wakil,” terangnya.

Jamaludin lebih jauh menambahkan, dengan mendaftarnya calon kepala daerah semua mempunyai hak yang sama. “Siapapun boleh mendaftar sebagai calon, karena sistem pemilihan umum harus demokrasi, yang penting sesuai persyaratan KPU,” ungkapnya.

Dalam kesempatan sosialisasi Ketua KPU Kab Tangerang menyampaikan, sangat mengapresiasi minat peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Dikatakannya, sosialisasi perlu dpaparkan di muka publik karena didanai oleh APBD Kab Tangerang.

“KPU mendapatkan kucuran dana Rp 110 milyar dana hibah untuk kegiatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018. Namun dari dana tersebut 80% turun kebawah yakni PPK, PPS, PPDP, dan KPPS yang tersebar di 29 Kecamatan 274 Desa/ Kelurahan dan 4500 PPDP,” ungkapnya.

KPU Kab Tangerang, tambah Jamaludin, selalu memberikan pelayanan bagi peserta calon kepala daerah untuk mengikuti pesta demokrasi. “Untuk itu masyarakat dihimbau mengawasi proses yang dilaksanakan KPU, baik dari segi keuangan maupun penetapan program Pilkada. Kami selalu transparansi,” tandasnya. (Soleh)

Tags:

Leave a Reply