Presiden Ingatkan Seluruh Menteri Manfaatkan Momen Kepercayaan Internasional



Presiden Joko Widodo bersama para Menteri Kabinet di Istana Negara

JAKARTA | BantenLink — Presiden Joko Widodo, Selasa (29/8), mengumpulkan seluruh menteri kabinet di Istana Merdeka, kemarin. Bersama Wakil Presiden dirinya merumuskan upaya-upaya menumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Jokowi, ia ingin mengingatkan kembali segera memanfaatkan momentum kepercayaan internasional terhadap negara Indonesia. Momentum ada di depan mata dan menunggu untuk dimanfaatkan.

“Tidak akan datang dua atau tiga kali, yang sudah ada di tangan ini harus kita manfaatkan secepat-cepatnya. Beberapa waktu lalu Indonesia telah memperoleh predikat sebagai negara layak investasi oleh sejumlah lembaga pemeringkat internasional seperti Fitch Ratings, Moody’s, dan Standard and Poor’s,” ungkap Presiden.

Ditambahkan mantan Gubernur DKI ini, United Nations Conference on Trade and Developments (UNCTAD) juga menempatkan Indonesia di peringkat keempat sebagai negara tujuan investasi yang prospektif dalam kurun waktu 2017-2019, dari sebelumnya hanya pada posisi delapan.

“Peringkat kemudahan berusaha Indonesia naik ke urutan 91 setelah tahun 2015 berada di peringkat 120, dan tahun 2016 di peringkat 109. Situasi di dalam negeri sendiri seperti inflasi yang terjaga di bawah empat persen selama 2015-2016,” jelasnya.

BI 7-Day Reverse Repo Rate, terang Jokowi, turun menjadi 4,5 persen menjadi pendukung kepercayaan internasional. Karenanya, besarnya momentum harus maksimal dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*/ed)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply