Heran, Perayaan 17-an Tak Satu pun Sang Merah Putih Dikibarkan di Pasar Sepatan

Tak satu pun bendera merah putih dikibarkan di pasar Sepatan pada 17 Agustus 20!7

TANGERANG | BantenLink Semarak HUT Kemerdekaan RI yang ke-72 tahun ramai dimeriahkan di mana-mana. Sebagaimana tertuang untuk memeriahkannya sesuai Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI bernomor B-545/M.Sesneg/Set/TU/00.04/06/2017 mengenai partisipasi menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Tapi kemeriahan bulan kemerdekaan tidak terlihat di pasar Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten. Bahkan tepat pada perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus 2017, kantor pengelola pasar terlihat kusam. Pantauan bantenlink.com tidak nampak satu bendera merah putih pun terpasang dikibarkan pada Kamis (17/8/17).



Para pedagang pun ramai membicarakan pihak pengelola pasar. “Jangan kan mengadakan perlombaan agustusan, kantor mantri pasarnya aja gak ada masang bendera merah putih,” ungkap seorang pedagang.

Namun begitu, nampak terlihat di pinggir selatan ada satu tiang panjat pinang tertancap kokoh. Itu pun dibuat atas swadaya masyarakat yang berantusias ingin ikut memeriahkan HUT kemerdekaan RI. 

Peraturan pengibaran bendera

Seyogyanya setiap warga negara Indonesia wajib mengibarkan bendera Merah Putih pada saat Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Kewajiban ini diatur dalam Pasal 7 ayat (3) dan ayat (4) UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Pasal 7 ayat (3) secara tegas menyatakan bahwa, “Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai hak penggunaan  rumah, gedung atau kantor, satuan pendidikan, transportasi umum, dan transportasi pribadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negri. 

Peraturan lainnya, sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 RI, pihak Istana Kepresidenan menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Kemerdekaan RI. Selama satu bulan penuh, dari 1 hingga 31 Agustus 2017, tiap kantor lembaga dan instansi pemerintah diwajibkan untuk melangsungkan sejumlah acara. (HAERU SAROUM)

Leave a Reply