Dibangun Sebelah Makam SD Negeri di Tangerang Tak Bermurid



Gedung SDN Cibugel 3

TANGERANG | BantenLink — Entah apa alasan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) meloloskan rencana pembangunan hingga merealisasikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibugel 3 di Desa Cibugel Kecamatan Cisoka.

Diduga karena mengabaikan studi kelayakan yang baik, akhirnya sekolah yang telah setahun berdiri tidak terpakai karena tidak mendapatkan siswa. Pasalnya, tidak ada seorang pun anak-anak mau bersekolah di sebelah makam yang tak jauh dari Kantor Desa Cibugel itu.

Satu-satunya jalan menuju ke SDN Cibugel 3 yang dibangun permanen itu harus melewati makam warga. Sedangkan, akses jalan lainnya tidak ada. Memang ada jalan masuk melalui belakang perumahan, tapi namun kondisinya dalam keadaan diportal.

Seorang perangkat desa Cibugel yang dikonfirmasi bantenlink.com membenarkan tidak ada seorang pun anak yang mau bersekolah disana karena kalau mau sekolah harus melalui makam. Seorang lainnya menyebutkan, bisa melalui belakang perumahan dan jika sekolah aktif portal bisa dibuka, katanya.

Dari salah seorang pengawas pendidikan menyebutkan, perihal adanya gedung sekolah tak bermanfaat itu, tak dapat membeberkan kronologi perencanaan dan sekolah bernilai miliaran rupiah dibangun itu. Belum ada solusi yang pasti mau dijadikan apa sekolah itu, ungkapnya.

Pembangunan SDN Cibugel 3 sendiri dimaksudkan untuk mudahnya akses pendidikan. Dinas Cipta Karya hanya melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan Bappeda. Kuat dugaan pembangunan terlaksana karena adanya konspirasi pihak-pihak hanya mau mencari keuntungan.

Kalangan kontrol sosial dan pemerhati pendidikan menyayangkan pembangunan gedung SDN Bugel 3 yang lalai menyurvei lokasi yang tepat. Dinilai, realisasi anggaran kelalaian sebagai tidak berfungsinya DPRD dalam budgeting dan controlling. (ed)

Jpeg

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply