PDAM Tirta Kerta Raharja Terus Meningkatkan Pelayanan pada Masyarakat



TANGERANG | BantenLink — Perusahaaan Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (PDAM TKR), tiada henti terus menerus meningkatkan pelayanan pada masyarakat Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.
Peningkatan pelayanan dilakukan dalam hal penambahan pelanggan baru, sertifikasi manajemen mutu, standar tenaga laboratorium dan memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan rekening komsumsi air bersih.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PDAM TKR, Samsudin Sidik, menjelaskan mulai awal Oktober 2017 perusahaan air bersih dengan bahan baku dari sungai Cisadane itu akan menambah sebanyak 20 ribu pelanggan baru. Pendaftaran bagi pelanggan baru akan dilakukan di 3 kecamatan, yakni Teluknaga, Kosambi dan Pakuhaji.

Samsudin Sidik menambahkan pelayanan untuk kepuasan lainnya dilakukan dengan memberi kemudahan pengaduan melalui akses media sosial. Misalnya, untuk adanya gangguan pasokan air karena pipa mengalami kebocoran.

Kebocoran pipa sendiri, lanjutnya, bisa dikarenakan kondisi tertekannya pipa oleh beban misalnya kenderaan berat yang sering melintas, instalasi pipa yang sudah tua dan pengaruh tanah yang mudah longsor seperti di pinggir kali.

Untuk mengantisipasi pengaduan gangguan, menjadi hal rutin pula melakukan pengontrolan dengan menyusuri instalasi pipa. Selain itu, setelah menerima laporan dari masyarakat PDAM TKR aktif menerima laporan masyarakat langsung terjun secepatnya ke lokasi gangguan distribusi air bersih.

Untuk lamanya perbaikan dengan tingkat perbaikan yang beragam. Disebutkan Samsudin, ada yang bisa diselesaikan hanya 1 hingga 2 jam, tapi bisa lebih lama. Jika sampai lebih dari sehari akan dicari solusi pengganti air atau dilakukan pengiriman air bersih dengan mobil tangki.

Sertifikasi dan Kerjasama

TKR sendiri dalam hal aplikasi sistem manajemen telah mengikuti sertifikasi ISO 9001 – 2015 dari KAN dan IAF dibawah lembaga Tuv Nord Indonesia. Mendapatkan penilaian The Provision of Processing and Distribution of Clean Supply Service.

Untuk tenaga laboratorium yang baik, para pekerja PDAM TKR telah mengikuti standarisasi sebagai sumber daya manusia dengan standar Laboratorium of Excellence.

Begitu juga dalam memanjakan pelanggan, agar tidak antri di loket ketika melakukan pembayaran sejak 2015 sudah dapat melakukan pembayaran tagihan pemakaian air bersih melalui jaringan ritel Alfamart yang bekerjasama dengan Bank Jabar Banten. (edy)

Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply