Manfaat APDes Bangun Konblok dan Selokan dari Gang sampai Depan Rumah

Kades Malangnengah A Suryadi

TANGERANG | BantenLink — Pengucuran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) oleh pemerintah tahun 2017 oleh pemerintah pusat dan daerah disambut Kepala Desa Malangnengah, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten dengan gembira. Pasalnya dengan adanya anggaran itu bisa pemerintah desa Malangnengah akan bisa mengelola wilayah menjadi lebih baik.



Hal itu diungkapkan Kades Malangnengah, A Suryadi, saat disambangi bantenlink.com, pada 25 Juli 2017. Disebutkannya, anggaran yang berasal dari dana desa, alokasi dana desa, dan bagi hasil pajak dan retribusi itu sangat bermanfaat digunakan bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Dengan total sekitar Rp 1,3 miliar, kami peruntukan pemerintahan sekitar Rp 417 juta, pembangunan Rp 700 juta, pembinaan masyarakat Rp 95 juta dan pemberdayaan 98 juta,” ungkap A Suryadi di ruang kerjanya.

Lebih jauh dikatakannya, dengan pengucuran ABDes, Desa Malangnengah dapat melakukan percepatan pembangunan, seperti perbaikan infrastruktur yang dikelola desa hingga ke depan rumah. Sedang hasil relatif lebih baik dari pekerjaan pemborong, karena untuk wilayah sendiri.

“Dengan turunnya dana desa di Desa kami, bukan hanya memajukan bidang infrastruktur, tapi juga keamanan karena bisa mengadaan alat komunikasi tramtib. Juga memberdayakan ekonomi bidang pertanian, dan digunakan untuk pembinaan masyarakat dalam pencegahan bahaya narkoba di masyarakat,” papar A Suryadi lagi.

Ditandaskannya, dengan adanya APDes dialokasikan sesuai kebutuhan desa masing-masing. Yang sangat dirasakan manfaatnya yakni jalan conblok bermutu, termasuk juga pembuatan selokan-selokan yang menjangkau gang-gang lingkungan hingga ke depan rumah. (ed)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply