Pemdes Beri Bekal Antisipasi Emosi Timbul di Pilkades Serentak 2017



Pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Tangerang 2017

Pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak Kabupaten Tangerang 2017

TANGERANG | Banten Link — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) diharapkan berlangsung aman dan damai, agar menghasilkan kepala desa yang berkualitas. Untuk itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang melaksanakan pembinaan pada 145 orang terdiri dari Aparatur Kecamatan, Panitia Pilkades, Pengawas Pilkades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), terkait diadakan Pilkades serentak tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD, Tisna Hambali, dari 226 desa yang ada, sebanyak 16 desa di 11 kecamatan (dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang) melaksanakan Pilkades pada hari Minggu 27 Agustus 2017.

“Desa yang mengadakan Pilkades, yakni Desa Bitungjaya (Kecamatan Cikupa), Pasirnangka (Tigaraksa), Pasirbarat (Jambe), Tegalkunir Kidul (Mauk), Kemiri (Kemiri), Pekayon (Sukadiri), Kosambi (Sukadiri), Gintung (Sukadiri), Rancaiyuh (Panongan), Sampora (Cisauk), Cijeruk (Mekarbaru), Tanjungburung (Teluknaga), Cikasungka (Solear), Cukanggalih (Curug) dan Keramat (Pakuhaji),” papar Tisna pada bantenlink.com di sela kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan di Komplek Kirtibakti Curug, Rabu (24/5).

Lebih jauh disebutkannya, mulai 29 Mei hingga 6 Juni mendatang, yang berminat menjadi Kades sudah dapat mendaftarkan diri pada Panitia Pilkades. Syaratnya Warga Negara Indonesia dari daerah manapun, usia minimal 25 tahun maksimal 65 tahun, pendidikan minimal SMP formal/nonformal. Sedangkan pesertanya dibatasi minimal 2 peserta dan maksimal 5 peserta, serta jika calon hanya tunggal Pilkades tidak dapat dilaksanakan atau batal.

“Karena Pilkades merupakan persaingan antarcalon Kades yang bisa berakibat timbulnya emosi antar pendukung Kades yang satu dengan lainnya, pembekalan sendiri kita laksanakan dalam memberi pengetahuan pada Aparatur Kecamatan, BPD, Panitia Pilkades dan Pengawas Pilkades dalam mengantisipasi adanya penyimpangan politik uang, intimidasi pihak yang tidak netral, (tidak jurdil, fair), adanya pengrusakan kotak suara, terjadinya unjukrasa tidak menerima kekalahan, pembakaran kotak suara, menjadi objek perjudian, adanya gugatan ke pengadilan dan pembakaran serta adanya pengrusakan TPS dan Kantor Desa,” tandas Tisna. (ed)

Pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak pada Panitia Pilkades

Pembekalan pelaksanaan Pilkades serentak pada Panitia Pilkades

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply