Poster Motivasi Kepala MIN 5 Tangerang Diapresiasi Kakanwil Kemenag

Asep Saefullah, S.Pd.I.

Asep Saefullah, S.Pd.I.

Gedung MIN 5 Tangerang menjadi media poster motivasi

Gedung MIN 5 Tangerang menjadi media poster motivasi


TANGERANG | BantenLink — Menjadi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Tangerang yang dijalani Asep Saepullah SPdI memang belum setahun. Namun dengan motivasi yang tinggi dirinya sudah banyak melakukan perubahan pada madrasah yang berdomisili di Kecamatan Legok itu.

Awal tugas pertamanya menjadi orang nomor satu di MIN 5 Tangerang, setelah mengikuti tes kualifikasi program asesmen kepala madrasah. Setelah bertugas sebagai Kepala Madrasah, tentunya ia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan madrasah yang baru dipimpinnya, karena harus solid dengan pendidik senior dan junior. Terbetik di pikirannnya untuk kompak dan bekerja sama dalam melakukan perubahan untuk perbaikan mutu madrasah dan mengejar prestasi sebanyak-banyaknya.

“Kami cat kembali bangunan madrasah yang catnya sudah pudar agar terlihat lebih cerah, dan menempelkan beberapa poster yang berisikan motivasi semacam perlunya menjaga etika berbusana dan berbicara. Prinsip pesan yang disampaikan, banyak orang yang baik tapi lebih baik kalau bermanfaat,” ujar Asep Saepullah pada bantenlink.com.

Setidaknya upaya yang dilakukannya telah mendapat apresiasi Kepala Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten. Kakanwil Kemenag sengaja berfoto dengan latar belakang bangunan sekolah yang dicat rapih dimana beberapa bagiannya terpampang kata-kata mutiara berisi ajakan kekompakan untuk meraih prestasi.

Berpose  bersama Kakanwil Kemenag Banten

Berpose bersama Kakanwil Kemenag Banten

Dia menceritakan, semasih menjadi guru di MIN Pagedangan, perubahan pun pernah dilakukannya. Ketika itu dengan ikhlas mendorong agar berjalan kegiatan drumband sebagai ekstra kurikuler yang dibanggakan para pendidik dan peserta didik.



“Tak ada maksud saya untuk mencari muka agar disayangi pimpinan, kecuali agar kegiatannya bermanfaat bagi siswa. Tapi karena yang saya lakukan ini dengan tulus tanpa pamrih dengan segenap upaya, Kepala Madrasah MIN Pagedangan sempat kaget dan baru mengetahui upaya mengejar prestasi yang saya lakukan dua tahun kemudian,” kisahnya.

Motivasi agar bekerja keras dalam meraih prestasi didasari pengalaman hidup Asep Saefullah yang cukup keras. Pria yang hobi bermain musik ini pernah menjadi pengamen, penjual koran, tukang cuci mangkok bakso, tukang sapu, tukang bangunan, penjaga sekolah, staf tata usaha sebelum menjadi guru. Prinsipnya belajar dan belajar dan harus memiliki motivasi kuat untuk berinovasi sehingga ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

“Jadi kesimpulannya, tidak ada prestasi yg bisa diraih hanya dengan bersantai. Intinya, semua perlu usaha dalam berkarya,” tegas Asep Saefullah.Upaya yang dilakukan Asep Saepullah diamini guru atau pegawai senior dan yunior,seperti Yusri, Suheri dan Agus. Bahkan Yusri selaku membawahi bidang sarana-prasarana mengakui dalam kepimpinan Asep Saefullah MIN 5 Tangerang sebagai suatu terobosan untuk memajukan madrasah. Kini, ungkapnya,tidak terlihat lagi MIN 5 Tangerang dengan cat kusam dan terkesan kumuh. Bahkan rencananya membenahi taman dengan tanam-tanaman agar terlihat sebagai lingkungan yang lebih hijau dan asri.

“Apa yang tampak dari sharing dan ajakan melalui slogan dan kata-kata di media poster sebagai motivasi agar kami lebih giat melakukan yang terbaik dan bermanfaat. Dibandingkan dulu MIN 5 Tangerang yang dulu, tentunya sekarang lebih baik dan bagus dalam melayani pendidikan bagi masyarakat,” terang Yusri.

Ditambahkannya, penampilan madrasah yang dulu kumuh sekarang menjadi cerah. Ekstra kurikuler yang dulu terabaikan, kini dibangkitkan kembali. Yang menjadi moda!nya adalah kekompakan dan kerjasama yang kami lakukan. Pokoknya, dalam mengabdi keikhlasan kami utamakan, dan masalah imbalan akan didapat belakangan. (ed)

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Tangerang

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Tangerang

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply