Mendongengi Anak-anak, Jokowi : Tidak Boleh Menjelekkan Teman!



Jokowi mendongeng  pada siswa-siswi Sekolah Dasar

Jokowi mendongeng pada siswa-siswi Sekolah Dasar

JAKARTA | BantenLink — Saat peringatan Hari Buku Nasional tadi sore di Istana Negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi nasehat kepada sejumlah murid Sekolah Dasar. Katanya, kalau mengejar cita-cita harus bekerja keras dan rajin belajar.

Tidak hanya itu yang disampaikan Presiden, dia juga berpesan agar para tunas bangsa jangan senang curang dan suka menghina orang lain. “Tidak boleh menjelekkan teman. Harus suka menolong,” ucap Presiden Jokowi di hadapan anak-anak.

Sebelumnya, agar lebih akrab, beberapa anak-anak diminta Presiden untuk merapatkan duduk di sebelahnya. Jokowi sendiri akhirnya menjadi pendongeng​ cerita yang berisi pesan moral dalam acara bertajuk “Gemar Membaca” itu.

Bahkan mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini menyajikan legenda tentang larangan berlaku curang serta menghina orang lain.
Yakni dongeng Lutung Kasarung dari Tatar Sunda atau daerah Jawa Barat,

Kisahnya, tentang Purbasari yang mendapat kepercayaan mendapatkan tahta dari ayahnya. Hal ini membuat cemburu kakaknya Purbaarang, sehingga menyantet dan mengusir Purbasari ke hutan. Namun setelah bertemu Lutung Kasarung, Purbasari sembuh kembali dari penyakit kulit yang dideritanya dan Purbaarang menyadari kekeliruannya. (ed)

Sumber: FB Seskab

Tags:

Leave a Reply