Tim Ekskul SDN Binong 3 Sabet 2 Piala “Marching Band on The Street” Citra Raya

Tim Marching Band SD Negeri Binong 3

Tim Marching Band SD Negeri Binong 3


TANGERANG | BantenLink — Tidak disangka, meski baru tampil perdana pada lomba marching band, namun SD Negeri Binong 3 telah mendapatkan acungan jempol mengapresiasi eksistensinya. Tidak lain penyebabnya karena sekolah berdomisili di di Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang itu telah menyabet dua piala sekaligus pada Marching Band on The Street, yang digelar oleh pengembang Citra Raya dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Dan ini mengukuhkan sekolah tersebut sebagai Juara Best Performance dan Juara Nominasi Pertama acara rutin tahunan yang mendapat sambutan antusias penonton di jalanan komplek Ecopolis Citra pada Sabtu 6 Mei 2017 itu.

Dalam kesempatan itu tim drumband SD Negeri Binong 3 sebanyak 60 personil, dibawah pimpinan pemegang stick mayoret bernama Laurencia, dengan iringan alat musik perkusi, pianika dan balera, dibawah terik matahari pagi menjelang siang, dengan semangat memainkan lagu wajib “Bendera Merah Putih”.

Dapat meraih juara pada lomba, tentulah bukan begitu saja mudah diraih SD Negeri Binong 3. Sejak sekolah tersebut mengadakan kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) drumband pada tahun lalu, SD di bawah pimpinan Dra Supartini itu sebelumnya memang hanya eksis tampil pada kegiatan 17 Agustus, Hari Kartini dan upacara penaikan bendera pada setiap Senin di sekolah bersangkutan.

“Syukurlah rutinitas siswa kami yang selalu semangat berlatih dan tampil kini berbuah manis. Terbayarkan hasilnya setelah mengikuti lomba marching band, dan mendapatkan juara pada kompetisi yang diselenggarakan perumahan Citra Raya,” tutur Dra Supartini dengan mimik merasakan kebahagian.

Guru Kepala yang selalu berbahasa lemah lembut ini menyebutkan, selama kegiatan drumban dijadikan ekskul favorit siswa di lingkup sekolahan di Kecamatan Curug. Karenanya ekskul drumband bukan menjadi kebanggaan sekolah-sekolah swasta tapi juga sekolah negeri. Tentunya drumband menjadi ekskul yang banyak digemari.



“Kebetulan untuk lomba “Marching Band on The Street sekolah lain berkesempatan untuk ikut. Kami anggap sebagai perwakilan wilayah, sebab jika menang sebagai kemenangan bersama Kelurahan Binong dan Kecamatan yang selalu kompak dan saling mendukung. Jadi, pas dapat undangan berlomba, jadi kesempatan tidak kami sia- siakan karena dapat menambah percaya diri anak di tempat umum,” imbuh kepala sekolah yang ramah tersebut.

Senada, Serpina Saragih SPAK selaku pelatih drumband mengamini apa yang disebutkan Dra Supartini. Katanya, baru pertama ikut membawa anak didik mengikuti berlomba marching band. Menurutnya, ini dukungan besar pada siswa-siswi untuk siap berlomba. Awalnya, hanya ingin melihat anak didik berani tampil di luar sekolah.

“Eh, enggak disangka mereka dapat meraih 2 kemenangan sekaligus, yakni juara Best Performance dan Nominasi Pertama. Rasa capek melatih dan mempersiapkan lomba jadi langsung hilang deh. Semoga prestasi ekskul drumband yang membuat harum nama sekolah ini untuk kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Serpina SPAK.

Sementara, Risnawiyati Octavia SPd, selaku guru pendamping kegiatan siswa mengatakan, pelatihan drumband rutin dilakukan agar personil drumband SD Negeri Binong 3 tampil prima sesuai kriteria pemenang yang ditetapkan juri.

“Senang sekali deh melihat penampilan anak-anak kami sangat memukau. Sampai videonya saya upload di facebook. Banyak banget orang tua yang nge-like dan berkomentar memuji. Bahkan beberapa nge-share untuk dijadikan kenang-kenangan,” ucapnya.

Pantauan bantenlink.com di lokasi, penampilan busana pemain dominan putih murid yang masih duduk di kelas 4 dan 5 itu terlihat rapi dan mempesona. Para siswa itu bermain dalam komposisi irama musik yang serasi. Ya, meskipun mereka masih kecil-kecil telah lincah melakukan ansanble concert dan parade dengan instrumental lagu nasional yang enak dilihat dan didengar. (ed)

Piala Juara Best Performance dan Juara Nominasi Pertama Lomba Marching Band on The Street Citra Raya 2017

Piala Juara Best Performance dan Juara Nominasi Pertama Lomba Marching Band on The Street Citra Raya 2017

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply