Dukung Program Pemkab Tangerang LSM BIAK Garap Taman Bacaan di Desa Cempaka

Suasana launching TBM Cempaka Gemilang

Suasana launching TBM Cempaka Gemilang

TANGERANG | BantenLink.Com — Meskipun aktivitas segelintir oknum LSM selama ini sering disorot negatif, namun tidak dapat dipungkiri banyak juga aktivitas relawan yang dikenal sebagai voluntir NGO itu mendapat acungan jempol. Misalnya, turut ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah.

Seperti dilakukan LSM BIAK Tangerang di Posyandu Rw09 Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka.Pasca melaksanaka bakti sosial medio akhir tahun lalu, di bawah pimpinan Rofik selaku ketua penggiat pemberantasan korupsi itu, Minggu (30/4/2017), memulai pembukaan Taman Bacaan Masyarakat.

Launching TBM yang diberi nama “Pondok Baca Cempaka Gemilang” itu dilakukan dengan kesederhanaan. Sejumlah anak-anak berpendidikan mulai PAUD hingga SMP tampak memenuhi ruang Posyandu yang disulap menjadi ruang yang direncanakan dikembalikankan menjadi perpustakaan.



Usai seremonial pemotongan tumpeng dan pembacaan doa, anak-anak bisa membaca buku dari 2 mobil perpustakaan daerah yang terparkir di samping TBM yang rencananya akan melayani anak- anak kutubuku sekali dalam seminggu.

“Pembukaan TBM ini berangkat dari semangat pemikiran apa yang bisa diperbuat di tempat kami. Setelah berbincang dengan tokoh masyrakat, TBM ini kami dirikan. Syukurnya mendapatkan sambutan dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Tangerang,” ungkap Rofik pada bantenlink.com seusai acara.

Rofik menyebutkan dia dan teman-teman aktivis berencana mengembangkan TBM yang digagas. Secara bersusah payah berupaya agar kegiatan yang digarapnya dapat berjalan dengan lancar dan menggapai keberhasilan.

” Selain mencari sumbangan buku kami nanti akan membuat TBM menarik minat anak- anak untuk membaca dengan menyediakan buku bacaan menarik dan mengadakan lomba menggambar dan cerdas cermat.

Semantara, Kepal Seksi Pelayanan Dinas Perpustakaan dan arisip Daerah mengatakan, mengapresiasi peranan LSM dalam membantu suksesnya program pemerintah. Diriny menghimbau agar TBM dapat dikembangkan dengan baik dengan belum dapat memberikan buku sumbangan. Namun untuk setiap minggu akan menyiapkan mobil perpustakaan.

“LSM sudah saatnya dengan mainset yang bisa membantu program pemerintah, misalnya di Kabupaten Tangerang dengan 25 program Unggulan, yaitu setiap desa memiliki satu taman bacaan. Jadi tak lagi mindset-nya, pas bangun pagi, mandi, dan berangkat aktivitas, berfikir: Dinas mana lagi nih yang dibidik dan didatangi,” paparnya sambil berkelakar. (ed)

Tags:
Edy Tanjung

Author: 

Leave a Reply